CARA MEMBUAT BENIH PADI UNGGUL

CARA MEMBUAT BENIH PADI UNGGUL - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul CARA MEMBUAT BENIH PADI UNGGUL , Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, perbanyakan tanaman, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : CARA MEMBUAT BENIH PADI UNGGUL
link : CARA MEMBUAT BENIH PADI UNGGUL

Baca juga


CARA MEMBUAT BENIH PADI UNGGUL

-- --
Potret Pertanian - Dalam kegiatan budidaya pertanian sampai saat ini benih merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan terhadap produksi, karena selain menjadi salah satu faktor penentu yang harus disiapkan sebagai bahan yang akan menghasilkan, juga dalam penyediaannya tidak dapat dipandang mudah walaupun aspek lain dalam budidaya mendukung, tanpa didukung oleh penyediaan benih yang baik, ungggul dan bermutu sulit dicapai hasil yang optimum.
Dalam kegiatan budidaya pertanian sampai saat ini benih merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan terhadap produksi, karena selain menjadi salah satu faktor penentu yang harus disiapkan sebagai bahan yang akan menghasilkan, juga dalam penyediaannya tidak dapat dipandang mudah walaupun aspek lain dalam budidaya mendukung, tanpa didukung oleh penyediaan benih yang baik, ungggul dan bermutu sulit dicapai hasil yang optimum. Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef

Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef

Benih padi adalah gabah yang dihasilkan dengan cara khusus dengan tujuan untuk disemai atau ditabur menjadi pertanaman, benih yang bersertifikasi adalah benih yang proses produksinya melalui sistem sertifikasi yaitu sistem produksi benih yang mendapat pemeriksaan lapangan dan pengujian secara laboratorium oleh instansi yang berwenang memenuhi persyaratan standar yang ditentukan. Pemilihan benih dari varietas unggul bermutu dalam membudidayakan tanaman padi sangat dianjurkan khususnya dalam pembudidayaan dengan model pendekataan Pengelolaan Tanaman dan Sumberdaya secara Terpadu (PTT) Oleh karenanya penggunaan varietas unggul sangat berperan besar pada perubahan sistem pertanian dari subsisten menjadi usaha tani padi komersial yang mampu memberikan kontribusi pada peningkatan produksi berkisar 60 - 65 % jika dikombinasikan dengan teknologi lainnya. Berbagai varietas unggul telah banyak diintroduksikan di tingkat lapangan, namun dalam pemilihannya harus dipilih benih unggul yang bermutu, spesifikasi lokalita dan sesuai permintaan pasar. Perlakuan benih perlu dilakukan sebelum benih disebar ke pesemaian agar pertumbuhan benih menjadi sehat, kuat dan seragam sehingga memenuhi kebutuhan per satuan luas tanam dan sasaran peningkatan produksi dapat tercapai secara optimal.  Nah berikut Cara membuat Benih Padi Unggul

Perlakuan pasca panen
  1. Pemanenan dilakukan setelah padi menguning 85-90 %.
  2. Lakukan pemanenan secara khusus dan jangan sampai tercampur dengan padi yang lain.
  3. Lakukan segera penjemuran dengan alas kepang, tikar dan jangan di lantai jemur, pada pagi hari pukul 7.30 hingga 10.00 WIB serta sore hari pukul 14.30 hingga 16.30 WIB, sampai kering dengan kadar air 14-12 %. 
  4. Lakukan stagnasi selama 7 - 15 hari sebelum direndam.
Perlakuan Perendaman
  1. Ambil benih secukupnya sesuai dengan luas lahan.
  2. Siapkan air garam/air abu yang dalam kondisi telur ayam kampung terapung separohnya.
  3. Masukan benih ke dalam air tersebut dan akan terlihat benih menjadi 3 bagian.
  4. Bagian I adalah yang ada di dasar, dengan daya tumbuh 90-95 %, 
  5. Bagian II adalah yang melayang, dengan daya tumbuh 85-90 %, Bagian III adalah yang terapung dengan daya tumbuh 0-85 %.
  6. Pisahkan bagian III (yang terapung) dan bisa dijemur lagi untuk dikonsumsi.
  7. Ambil bagian I dan II lalu dibilas dengan air tawar sampai bersih dan rendam selama 24 jam dengan air bersih, lalu ditiriskan dan kita peram selama 24 jam, maka benih siap untuk ditebar.
Demikian sekilas Tentang Cara Membuat Benih Padi Unggul, semoga bermanfaat dan selamat mencoba, sukses selalu ya, dan terimakasih telah berkunjung di Potret Pertanian.


Demikianlah Artikel CARA MEMBUAT BENIH PADI UNGGUL

Sekianlah Pembahasan CARA MEMBUAT BENIH PADI UNGGUL kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.Minat Pupuk Mikro Organik Cair, Solusi Terbaik untuk semua Jenis Tanaman, Memperpanjang Mas Produksi Tanaman Cabe, Tomat, serta meningkatkan Produktifitas tanaman, Bagi yang berminat silahkan hubungi kami melalui Komentar atau kirim via email thifapramesta@gmail.com atau melalui contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "CARA MEMBUAT BENIH PADI UNGGUL "
    Back To Top