• Breaking News

    Mengenal Bunga Melon

    Potret Pertanian - Masih tentang melon setelah beberapa posting diantaranya Belajar Bertanam Melon Didalam Green House , Cara Atasi Hama dan Penyakit Pada Tanaman Melon, Persiapan Tanam Melon menggunakan Polibeg di Green house Kebun Inthani Makmur yang telah diposting sebelumnya dari itu saya mengajak sahabat semua untuk mengenal lebih dekat lagi dengan tanaman yang satu ini, ok yuk langsung saja ke TKP.

    Bunga melon tumbuh di ketiak daun dan hampir selalu berkelamin tunggal, berumah satu (monoceous). Artinya letak bunga jantan dan bunga betina terpisah tidak dalam satu bunga, tetapi masih dalam satu tanaman bahkan dalam satu cabang tanaman. Bunga betina terbentuk secara tunggal, tinggal berkelompok. 

    Bunga betina pada umumnya terdapat pada ketiak daun ke-1 atau ke-2 pada setiap ruas percabgan. Bunga betina mempunyai putik, mahkota bunga, dan bakal buah. Bakal buah yang berbentuk bulat lonjong ditopang oleh tangkai buah yang pendek dan tebal. Bunga betina akan rontok apabila 2-3 hari setelah mekar tidak terserbuki. 

    Bunga jantan mudah dibedakan dengan bunga betinanya. Bunga jantan terbentuk berkelompok 3-5 buah dan terdapat pada setiap ketiak daun. Bunga jantan terdiri dari mahkota bunga dan benang sari (berjumlah 5) serta tidak memiliki bakal buah. Bunga jantan ditopang oleh tangkai bunga yang pipih panjang. Mahkota bunga jantan maupun mahkota bunga betina berwarna kuning kunyit dan dari jauh terlihat seperti lonceng . bunga jantan akan rontok setelah mekar selama 1-2 hari. Jumlah bunga jantan jauh lebih banyak daripada bunga betina.

    Nah demikian tadi sedikit tentang Mengenal Bunga Melon, semoga bermanfaat dan salam sukses selalu ya dari Potret Pertanian.
    Baca Juga :

    Budidaya Petani
    1. Cara Menanam Mentimun Padang Menggunakan Media Polibag di Kebun Benih Inthani
    2. Oteng-Oteng (Aulocophora Similis ) Hama Penggerek Daun Melon - Update
    3. Tips Antisipasi Pecah Buah Bawang di Musim Hujan - Update
    4. Tips Membuat Tanaman dalam Pot Cepat Berbuah


    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad