Rambu- Rambu Lalu Lintas

Rambu- Rambu Lalu Lintas - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Rambu- Rambu Lalu Lintas, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Pojok Potret, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Rambu- Rambu Lalu Lintas
link : Rambu- Rambu Lalu Lintas

Baca juga


Rambu- Rambu Lalu Lintas

Potret Pertanian -Halo sahabat semua, tidak lengkap ya rasanya setelah kita bahas di dua poting sebelum ini Aturan dan Ketentuan Dalam Pembuatan Polisi Tidur dan Gua Mah Kalau ada Polisi Tidur Dijalan Gua Kasih Selimut (sleeping policeman ) jika tidak kta teruskan dengan detail mengenai rambu-rambu lalulintas, yah setidaknya kita dapat lebih mengenal dengan berbagai rambu-rambu lalulintas yang ada disetiap jalan yang akan kita lalui, nah berikut tanda rambu-rambu lalu lintas lengkap, ok selamat menyimak dan salam taat lalu lintas demi keselamatan pengguna jalan baik kita dan semuanya. 

Rambu lalu lintas adalah bagian dari perlengkapan jalan yang memuat lambang, huruf, angka, kalimat dan/atau perpaduan di antaranya, yang digunakan untuk memberikan peringatan, larangan, perintah dan petunjuk bagi pemakai jalan. Rambu lalu lintas diatur menurut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 tahun 2014.

Agar rambu dapat terlihat baik siang ataupun malam atau pada waktu hujan maka bahan harus terbuat dari material retro-reflektif.

Pengelompokan rambu
Berdasarkan jenis pesan yang disampaikan, rambu lalu lintas dapat dikelompokkan menjadi rambu-rambu sebagai berikut : 

Rambu peringatan
Rambu yang memperingatkan adanya kondisi berbahaya dan berpotensi bahaya agar para pengemudi berhati-hati dalam menjalankan kendaraannya. Misalnya: Rambu yang menunjukkan adanya lintasan kereta api, atau adanya persimpangan berbahaya bagi para pengemudi..


  
Rambu petunjuk.
Rambu yang memberikan petunjuk atau keterangan kepada pengemudi atau pemakai jalan lainnya, tentang arah yang harus ditempuh atau letak kota yang akan dituju lengkap dengan nama dan arah letak itu berada.
 Rambu larangan.
Rambu ini untuk melarang penggunaan dan pergerakan lalu lintas tertentu. Misalnya:
  • Rambu larangan berhenti.
  • Rambu larangan membunyikan isyarat suara.
  • Semua kendaraan dilarang lewat.
Beberapa contoh rambu larangan antara lain:
 Rambu Perintah.
Rambu ini untuk memerintahkan penggunaan dan pergerakan lalu lintas tertentu. Misalnya:
  • Rambu perintah memasuki lajur yang ditunjuk.
  • Rambu batas minimum kecepatan.
  • Rambu perintah bagi jenis kendaraan tertentu untuk melalui lajur dan/atau jalur tertentu. 
Rambu perintah dan lokasi utilitas umum 

Beberapa contoh rambu perintah dan lokasi utilitas umum 




 
Rambu sementara

Rambu jenis baru yang ditetapkan melalui PM.13 tahun 2014 ini digunakan untuk perambuan sementara di zona konstruksi.

 
 

Jenis rambu

Menurut cara pemasangan dan sifat pesan yang akan disampaikan maka secara garis besar sistem perambuan dapat dikelompokkan atas:
  1. Rambu tetap.
  2. Rambu sementara.
Yang dimaksud dengan rambu tetap adalah semua jenis rambu yang ditetapkan menurut Surat Keputusan Menteri Perhubungan yang dipasang secara tetap, sedangkan rambu sementara adalah rambu yang dipasang dan berlaku hanya beberapa waktu, dapat ditempatkan sewaktu-waktu dan dapat dipindah-pindahkan.

Bagaimana sahabat Potret Pertanian banyakkan jenis-jenis rambu yang ada, saya yakin sahabat ada yang gak afal satu-satu kan, he he sama dengan saya juga, itu makanya saya berbagi pada sahabat semua, Ok jangan lupa ya taat lalulintas ya demi kenyamanan dan keselamatan kita dan pengguna jalan lainya, salam sukses selalu dari potret pertanian.


 




Demikianlah Artikel Rambu- Rambu Lalu Lintas

Sekianlah Pembahasan Rambu- Rambu Lalu Lintas kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • Tag : Pojok Potret
    0 Komentar untuk "Rambu- Rambu Lalu Lintas"
    Back To Top