Atasi Busuk Buah Pada Tanaman Terong

Atasi Busuk Buah Pada Tanaman Terong - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Atasi Busuk Buah Pada Tanaman Terong, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, hama dan penyakit tanaman, hara tanaman, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Atasi Busuk Buah Pada Tanaman Terong
link : Atasi Busuk Buah Pada Tanaman Terong

Baca juga


Atasi Busuk Buah Pada Tanaman Terong

Poto Oleh Mas Iman Bae Pariaman
ret Pertanian - Terong.... tanaman yang satu ini juga terkenal dengan beberapa khasiatnya bagi tubuh manusia. Contoh khasiat tanaman terung bagi tubuh manusia seperti menurunkan kolesterol, mencegah rusaknya otak bayi di dalam kandungan, dapat sebagai obat diabetes, dan juga dapat sebagai antioksidan bagi tubuh.

Tanaman yang satu ini memang sedikit lebih mudah cara pembudidayaanya dibandingkan dengan tanaman sefamilinya seperti tomat dan kentang. yang membutuhkan lebih extra dalam perawatan dan membudidayakanya. bukan berarti tidak mudah terserang hama dan penyakit, tetapi lebih ringan dalam perawatnya, seperti yang akan kita bhas dibawah ini Atasi Busuk Buah Pada Tanaman Terong.

Penyakit busuk buah merupakan penyakit yang disebabkan oleh cendawan Phomopsis vexans. Seperti namanya, penyakit busuk buah ini menyerang bagian buah tanaman. Penyerangan cendawan penyebab penyakit ini ditandai dengan lunaknya buah. Lama kelamaan buah yang telah melunak akan membusuk. Jika penyerangan penyakit busuk buah ini menyebar keseluruh tanaman lainnya, maka gagal panen akan terjadi.

Untuk menanggulangi penyakit busuk buah ini, lakukanlah penyemprotan cairan fungisida. Penyemprotan cairan fungisida harus disesuaikan dengan dosis yang telah dianjurkan. untuk jenis fungisida dapat digunakan fungisida berbahan aktif mankozeb, jika intensitas serangan cukup parah dapat digunakan dengan penyemprotan fungisida dengan berbahan aktif Tembaga Hidroksida, eiit tunggu dulu hati-hati menggunakan fungisida ynag satu ini, dalam penyemprotan harus tunggal tanpa dibarengi dengan fungi atai insektisida bahkan pupuk cair sekalipun.

Langkah awal antisipasi terjadinya busuk buah pada Tanaman teong dapat dilakukan dengan cara pemupukan yang seimbang, antara pupuk makro dan pupuk mikro, karena pada dasarnya terjadinya busuk buah pada buah terong awalnya adalah kekurangan unsur pupuk Calsium yang menyebabkan lunaknya kulit buah, pada kondisi tingkat kelembapan tinggi maka unsur nitrogen lebih banyak dikonsumsi oleh tanaman tersebut sehingga kulit buah lunak dan jamur akan lebih mudah dalam penyarangannya, sehingga mengakibatkan busuk buah terjadi.

Nah ahirnya dengan pemakaian pupuk yang seimbang sesuai dengan kebutuhan tanaman yang kita budidayakan akan secara alami tanaman dapat bertahan dari serangan hama dan penyakit pada musm-musim tertentu. untuk dosis dan pemakaian pupuk mikropun kita sebagai pembudidaya juga harus bijak, karena tidak baik juga jika dalam penggunaanya berlebih yang justru akan mengakibatkan terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang akan terjadi pada tanaman. contohnya tanaman buah dalam perkembangan buah membutuhkan pembelahan sel yang banyak yang akan dibantu dengan adanya unsur boron dalam jumlah tertentu, akan tetapi kelebihan unsur ini juga akan mengakibatkan kerusakan uga pada tanaman tersebut, seperti bunga akan rontok, daun berkerut dan keras, demikian juga dengan unsur yang lainya.

Nah bijak dalam menentukan dan pemakaian baik untuk pupuk atau pestisida sesuai dengan dosis anjuran yang tertera dalam produk pestisida yang kita gunakan..... salam dan sukses selalu.


Demikianlah Artikel Atasi Busuk Buah Pada Tanaman Terong

Sekianlah Pembahasan Atasi Busuk Buah Pada Tanaman Terong kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Atasi Busuk Buah Pada Tanaman Terong"
    Back To Top