Jumat, Januari 13, 2017

Kelebihan dan Kekurangan Unsur Hara Nitrogen Bagi Tanaman

Baca Juga

Potret Pertanian - Masih dalam seputaran pupuk seperti yang telah kita bahas di postingan yang lampau JENIS DAN FUNGSI PUPUK kali ini lebih spesifikasi supaya lebih lanyah makanya kita bahas satu persatu, Kelebihan dan Kekurangan Unsur Hara Nitrogen Bagi Tanaman ok cekidot langsung aja ke pembahasan

Kelebihan dan Kekurangan Unsur Hara Nitrogen Bagi Tanaman 
Unsur Hara Makro Nitrogen (N)
Merangsang pertumbuhan tanaman secara keseluruhan.
Merupakan bagian dari sel ( organ ) tanaman itu sendiri.
Berfungsi untuk sintesa asam amino dan protein dalam tanaman.
Merangsang pertumbuhan vegetatif ( warna hijau ) seperti daun.
 gejalanya : pertumbuhan lambat/kerdil, daun hijau kekuningan, daun sempit, pendek dan tegak, daun-daun tua cepat menguning dan mati..

Kekurangan unsur hara Nitrogen (N)
  1. Warna daun hijau agak kekuning-kuningan dan pada tanaman padi warna ini mulai dari ujung daun menjalar ke tulang daun selanjutnya berubah menjadi kuning lengkap, sehingga seluruh tanaman berwarna pucat kekuning-kuningan. Jaringan daun mati dan inilah yang menyebabkan daun selanjutnya menjadi kering dan berwarna merah kecoklatan.
  2. Pertumbuhan tanaman lambat dan kerdil
  3. Perkembangan buah tidak sempurna atau tidak baik, seringkali masak sebelum waktunya
  4. Dapat menimbulkan daun penuh dengan serat, hal ini dikarenakan menebalnya membran sel daun sedangkan selnya sendiri berukuran kecil-kecil
  5. Dalam keadaan kekurangan yang parah, daun menjadi kering, dimulai dari bagian bawah terus ke bagian atas

Kelebihan unsur hara Nitrogen (N)
Warna daun terlalu hijau , tanaman rimbun dengan daun. Proses pembuangan menjadi lama. Adenium bakal bersifat sekulen karena mengandung banyak air. Hal itu menyebebkan rentan serangan cendawan dan penyakit , dan mudah roboh. Produksi bunga menurun.
Rekomendasi Untuk Anda × +