Jumat, Januari 13, 2017

Kelebihan dan Kekurangan Unsur Hara Pospor Bagi Tanaman

Baca Juga

Potret Pertanian - Pospos atau posfat Berfungsi untuk pengangkutan energi hasil metabolisme dalam tanaman. Merangsang pembungaan dan pembuahan. Merangsang pertumbuhan akar. Merangsang pembentukan biji. Merangsang pembelahan sel tanaman dan memperbesar jaringan sel.
Gejaala kekurangan unsur P
Pembentukan buah/dan biji berkurang, kerdil, daun berwarna keunguan atau kemerahan ( kurang sehat ).
  1. Terhambatnya pertumbuhan sistem perakaran, batang dan daun
  2. Warna daun seluruhnya berubah menjadi hijau tua/keabu-abuan, mengkilap, sering pula terdapat pigmen merah pada daun bagian bawah, selanjutnya mati. Pada tepi daun, cabang dan batang terdapat warna merah ungu yang lambat laun berubah menjadi kuning.
  3. Hasil tanaman yang berupa bunga, buah dan biji merosot. Buahnya kerdil-kerdil, nampak jelek dan lekas matang

 Kelebihan unsur hara Fosfor (P)
Kelebihan P menyebabkan penyerapan unsur lain terutama unsur mikro seperti besi (Fe) , tembaga(Cu) , dan seng(Zn) terganggu. Namun gejalanya tidak terlihat secara fisik pada tanaman.
Rekomendasi Untuk Anda × +

2 comments

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pertanian. Pertanian merupakan suatu ilmu yang sangat penting untuk dipelajari untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam kehidupan sehari-hari. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai pertanian yang dapat dilihat di Pusat Studi Ekonomi Pertanian

terimakasih buat Mas Septiana Praditama yang sudah bersedia singgah di website sederhana saya... saya sudah Blogwalking, tapi bingung mau berkomentar. he he salam sukses selalu ya mas