Minggu, Maret 26, 2017

Cara Menyimpan daging dengan baik dan benar

Baca Juga

Potret Pertanian - Penyimpanan daging atau makanan dalam lemari pendingin merupakan salah satu cara yang biasa dipergunakan oleh kalangan ibu rumah tangga.

Hal ini dikarenakan, fitur lemari pendingin telah memungkinkan daging dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama, Namun perhatikan pula daya tahan dari daging tersebut sehingga masih layak untuk dikonsumsi.
Daging yang akan disimpan dalam waktu beberapa hari, suhu penyimpananya harus diturunkan dibawah 4°C, dan bila akan disimpan lebih lama lagi suhu penyimpanan 18°C sampai 23°C.

Contohnya dalam penyimpanan beberpa daging menggunakan Refrigenerator dan Freezer.
  1. Daging sapi yang disimpan menggunakan Refrigenerator akan bertahan selama 3 – 7 hari, sementara dengan menggunakan Freezer daging sapi akan bertahan hingga 3 – 6 bulan
  2. Daging giling disimpan menggunakan Refrigenerator hanya akan bertahan selama 2 hari. Sementara dengan menggunakan Freezer akan bertahan selama 3 – 4 bulan.
  3. Daging ayam yang disimpan menggunakan Refrigenerator akan bertahan selama 2 hari, sementara penyimpanan menggunakan Freezer akan bertahan selama 6 bulan.
  4. Jeroan penyimpanan menggunakan Refrigenerator hanya akan bertahan selama 2 hari, sedang menggunakan Freezer akan bertahan selama 4 bualan.
  5. Bahan makanan beku ( frozen food ) sebaiknya dicairkan  ( thawed) dalam kulkas/ refrigenerator, mikrowave, dimasak langsung pada suhu air mengalir  ( suhu ≤+ 21°C).
  6. Tidak disarankan mencairkan daging dengan air panas atau hangat.

Rekomendasi Untuk Anda × +