Cara Perbanyakan Bunga Sedap Malam

Cara Perbanyakan Bunga Sedap Malam - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Cara Perbanyakan Bunga Sedap Malam, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, perbanyakan tanaman, Tips, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Cara Perbanyakan Bunga Sedap Malam
link : Cara Perbanyakan Bunga Sedap Malam

Baca juga


Cara Perbanyakan Bunga Sedap Malam

-- --
Potret Pertanian - Sedap malam (Polianthes tuberosa, bahasa Melayu: sundal malam) adalah tumbuhan hijau abadi dari suku asmat Minyak dari bunga ini digunakan dalam pembuatan parfum. Nama tuberosa menunjukkan bahwa tumbuhan ini memiliki umbi (tuber). Saat ini dikenal sekitar 12 spesies dari genus Polianthes.

Bunga sedap malam biasa mekar di malam hari. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Meksiko. Bangsa Astek mengenalnya dengan nama omixochitl, "bunga tulang".
Tanaman sedap malam.

Nama bunga ini di India bagian timur adalah ratkirani, yang berarti "ratu malam". Di Singapura bunga ini dinamakan xinxiao, yang berarti "tempat ngengat hinggap". Di Persia, bunga ini disebut maryam, yang merupakan nama umum bagi anak perempuan. Bunga ini juga digunakan di Hawaii untuk pengantin dan dahulu di zaman Viktoria digunakan sebagai bunga kuburan. Harum bunga ini digambarkan sebagai kompleks, eksotis, manis, dan khas bunga.

Tanaman ini tumbuh hingga 45 cm dan menghasilkan rumpun bunga putih. Daunnya panjang dan berwarna hijau muda yang mengumpul di pangkal batangnya. Genus tanaman ini masih berkerabat dekat dengan Manfreda. ( wikipedia )

Tanaman Bunga sedap malam dapat diperbanyak secara vegetative yaitu dengan menggunakan umbinya dengan cara sebagai beriut :
  1. Tentukan rumpun induk yang telah berumur atau tua ( >2 tahun), berumbi banyak, sehat dan produktif berbunga.
  2. Bongkar rumpun induk tersebut dengan menggunakan cangkul atau sekop kecil, garpu atau alat yang lainya.
  3. Buang seluruh daunya, bersihkan rumpun induk dari akar-akarnya maupun tanah yang masih menempel.
  4. Pisahkan umbi dari rumpun induk berdaasarkan ukuran atau berat umbi yang seragam ( hampir sama)
  5. Kumpulkan atau simpan rumpun ditempat yang teduh dan strategis dalam wadah atau tempat secara merata.
  6. keringkan umbi dengan cara disimpan ditempat yang kering, atau diangin-anginkan diatas tungku dapur selama 1 - 3 bulan sampai umbi umbi tampak bertunas dan siap untuk ditanam.
Tujuan pengeringan umbi diatas tungku dapur sampai bertunas adalah untuk mendapatkan pertumbuhan umbi bibit yang seragam dan merata.

untuk kebutuhan umbi bibit persatuan luas lahan sangat tergantung pada sistem tanam. Pada tanam 1 jenis tanaman dengan jarak tanaman 20 x 20 cm, kebutuhan umbi perhektar adalah 200.000 butir umbi bibit.




Demikianlah Artikel Cara Perbanyakan Bunga Sedap Malam

Sekianlah Pembahasan Cara Perbanyakan Bunga Sedap Malam kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.Minat Pupuk Mikro Organik Cair, Solusi Terbaik untuk semua Jenis Tanaman, Memperpanjang Mas Produksi Tanaman Cabe, Tomat, serta meningkatkan Produktifitas tanaman, Bagi yang berminat silahkan hubungi kami melalui Komentar atau kirim via email thifapramesta@gmail.com atau melalui contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Cara Perbanyakan Bunga Sedap Malam"
    Back To Top