Sabtu, Maret 11, 2017

Penyakit Bercak Daun

Baca Juga

Potret Pertanian - 
Kategori OPT

: Penyakit
Nama Umum: Bercak daun
Nama Latin: Septoria chrysanthemi Allesch, dan S. leucanthemi Sacc. et Speg.
Nama Daerah: Bercak daun
Faktor Yang Mempengaruhi: Intensitas cahaya kurang, kelembaban tinggi, jarak tanam terlalu rapat, dan pemberian pupuk nitrogen yang terlalu banyak
Tindakan Preventif: Pengaturan musim tanam dan memperbaiki lingkungan pertanaman
Pengendalian: Pengendalian dilakukan dengan pengaturan musim tanam dan memperbaiki lingkungan pertanaman, terutama mengurangi kelembaban lingkungan mikro.
Bahan Aktif yg dapat digunakan:
Deskripsi: Gejala serangan S. chrysanthemi berupa bercak-bercak hitam pada daun. Bercak berbentuk bulat dan berbatas tegas, sedangkan S. leucanthemi bercak-bercaknya berwarna coklat, berbentuk bulat berukuran besar hingga 3 cm dan mempunyai lingkaran-lingkaran yang jelas. Pada bercak yang disebabkan S. chrysanthemi terdapat badan buah cendawan (piknidium) yang mempunyai lebar 150 - 250 ?m, dan berisi konidium berbentuk tabung, bersel 3 - 4, berukuran 50 - 80 x 2 - 3 ?m. S. leucanthemi mempunyai konidium yang lebih besar, dengan ukuran 100 - 130 x 4 - 5 ?m. Penyakit akan berkembang bila intensitas cahaya kurang, kelembaban tinggi, jarak tanam terlalu rapat, dan pemberian pupuk nitrogen yang terlalu banyak. Penyakit ini jarang menyerang pada musim kemarau.

Rekomendasi Untuk Anda × +