• Breaking News

    Penyakit Lanas daun Busuk daun

    Potret Pertanian - 
    Kategori OPT

    : Penyakit
    Nama Umum: Lanas daun
    Nama Latin: Pseudomonas chicorii
    Nama Daerah: Busuk daun
    Faktor Yang Mempengaruhi: Serangan tinggi terjadi pada musim kemarau karena populasi vektor (kutudaun) yang tinggi
    Tindakan Preventif: Menanam bahan tanaman bebas penyakit, penyiraman dengan air yang tidak mengandung bakteri ini dan tidak membasahi daun terlalu lama, serta sanitasi lingkungan. Bilamana memungkinkan juga menghindari/meminimalkan aktifitas yang beresiko melukai tanaman
    Pengendalian: Pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan menanam bahan tanaman bebas penyakit, penyiraman dengan air yang tidak mengandung bakteri ini dan tidak membasahi daun terlalu lama, serta sanitasi lingkungan. Bilamana memungkinkan juga menghindari/meminimalkan aktifitas yang beresiko melukai tanaman. Fungisida/bakterisida yang mengandung tembaga seperti yang berbahan aktif Cu-hidroksida juga dapat digunakan untuk pencegahan terutama pada saat musim serangan hebat.
    Bahan Aktif yg dapat digunakan:
    Deskripsi: Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Pseudomonas chicorii. Gejala penyakit ini berupa bercak coklat kehitam-hitaman berair pada daun dan melebar hingga ke seluruh daun. Bercak ini seolah-olah mempunyai inti dan perlahan-lahan terpisah seperti gelombang. Pada stadium serangan lebih lanjut, daun akan berwarna kecoklatan dan mengering. Bakteri ini menyerang dengan intensitas tinggi bilamana kelembaban lingkungan pertanaman tinggi seperti pada musim hujan. Bila serangan sudah parah, penyakit ini dapat mengakibatkan kematian tanaman. Penyakit ini sangat sulit dikendalikan bila sudah mulai menyerang. Penanganan kuratif penyakit ini belum diketahui sampai saat ini.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad