Perlindungan Tanaman Cabe Saat Musim Hujan

Perlindungan Tanaman Cabe Saat Musim Hujan - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Perlindungan Tanaman Cabe Saat Musim Hujan, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Budidaya Tanaman, hama dan penyakit tanaman, Tanaman Hortikultura, Tips, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Perlindungan Tanaman Cabe Saat Musim Hujan
link : Perlindungan Tanaman Cabe Saat Musim Hujan

Baca juga


Perlindungan Tanaman Cabe Saat Musim Hujan

-- --
Potret Pertanian -Sahabat Petani dimanapun berada, Saya mengucapkan ribuan terimakasih atas kunjungannya selama ini di website sederhana yang saya bangun pada 2009 silam, keberadaan Potret Pertanian hingga saat ini tidak luput dari sahabat semua yang senantiasa berkunjung kesini. 

Sahabat Para Petani dimanapun berada saat ini kondisi alam sedang tidak bersahabat, pasalnya curah hujan yang tinggi yang membuat kelembapan tanah semakin tinggi, sehingga membuat OPT semakin berkembang cepat yang akan membuat produksi dan kualitas hasil tanaman yang kita budidayakan dapat menurun, tak sedikit terjadinya gagal panen akibat curah hujan yang tinggi. 

Dengan demikian kita sebagai petani harus bertindak secepatnya untuk mengantisipasi terjadinya kegagalan yang akan diakibatkan curah hujan yang tinggi tersebut. Nah berikut beberapa tips untuk persiapan mengatasi dan melindungi tanaman pada musim hujan, Tips ini berdasarkan pengalaman saya selama dilapangan menjadi sahabat petani diberbagai daerah Di Sumatera. Nah buat sahabat Potret yang berada di pulau jawa, saya rasa tips yang akan saya sampaikan juga bisa diaplikasikan disana, sekalipun saya belum pernah mencobanya di tanah jawa, tapi pada dasarnya OPT yang datang dan menggangu dimusim tersebut masih tergolong sama. 

Pada Curah hujan yang tinggi akan mengakibatkan kadar Nitrogen yang berlebih pada Tanaman, sehingga membuat kondisi daun dan batang tanaman ataupun buah akan lebih tipis, dalam kondisi tersebut OPT akan dengan mudah menyerang dalam kondisi tersebut, selain pada kondisi lokasi yang lembab Fungi atau jamur akan lebih cepat menyerang tanaman. ditambah dengan kondisi tanaman yang kelebihan unsur nitrogen yang diakibatkan curah hujan yang tinggi, maka tanaman akan menjadi mudah terserang Penyakit dan perkembangannya akan cepat dibandingkan pada musim kemarau.

Pada kondisi seperti ini, sebaiknya segera lakukan langkah preventif untuk mencegah segala kemungkinan yang akan terjadi. dengan langkah-lankah sebagai berikut.
  • Saat curah hujan tinggi biasanya akan terjadi kerontokan pada bunga, daun akan sedikit menguning akibat kelebihan Nitrogen, jika tanaman sudah cabe seadang berbuah lebat buah akan tampak menguning dan rontok, parahnya akan terjadibusuk buah yang disebabkan oleh bakteri antraknose, serta jamur yang menyerang pada buah cabe.
  • Langkah yang harus diambil, untuk mengendalikan segala bentuk penyakit tanaman yang datang dan akan menggangu jalanya proses produksi. untuk mengantisipasi kerontokan bunga dan buah, segera lakukan penambahan unsur hara atau pupuk dengan kanduungan unsur Calsium dan Magnesium. yang bertujuan untuk menambah klorofil daun, serta meningkatkan kekebalan tanaman dengan memperkuat sel-sel tanaman yang bergerak abnormal karena kandungan nitrogen yang berlebihan. baik pada daun bunga dan buah pada tanaman.
  • Selanjutnya pada kondisi ini pertumbuhan Jamur lebih cepat, mulai dari Pytptora, Fusarium, Altenaria pori dan yang lainya. yang akan membuat tanaman kita mengalami busuk yang akan terjadi pada tanaman, baik daun, batang, buah bahkan akar tanaman. Langkah yang harus segera diambil adalah dengan menggunakan Fungisida dengan bahan aktif yang kuat, contohnya untuk mencegah terjadinya Antraknose Pytoptora dan Fusarium, anda dapat menggunakan Fungisida dengan bahan aktif Tembaga Hydroxida, Tapi dalam penggunaan Fungisida ini jangan dicampur menggunakan insektisdia lain, karena akan berakibat kerusukan pada tanaman. terlebih jika jenis fungisida Tembaga Hidroxida kita campur dengan Fungi yang berbahan aktif Mankozeb, akan terjadi pembakaran pada permukaan daun. bagusnya Fungisida ini diaplikasikan tunggal. dengan durasi penyemprotan disesuikan pada daerah masing masing.
  • yang terahir adalah membersihkan lahan pertanaman dari kotoran, misalkan duan kering, gulma, yang intinya kondisi pertanaman harus bersih dari berbagai  kotoran bekas gulma atau daun kering yang akan membusuk serta mengundang spora jamur untuk datang. selanjutnya usahakan jangan sampai ada genangan air, yang akan membuat lahan semakin lembab dan akan menyebabkan jamur fusarium berkembang.
Demikian sedikit tips dari saya semoga bermanfaat, selain tips diatas, lakukanlah pemupukan yang seimbang dengan memperhatikan unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman, kebutuhan unsur Makro dan Mikro harus seimbang untuk membuat tanaman tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan marfologinya.


Demikianlah Artikel Perlindungan Tanaman Cabe Saat Musim Hujan

Sekianlah Pembahasan Perlindungan Tanaman Cabe Saat Musim Hujan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.Minat Pupuk Mikro Organik Cair, Solusi Terbaik untuk semua Jenis Tanaman, Memperpanjang Mas Produksi Tanaman Cabe, Tomat, serta meningkatkan Produktifitas tanaman, Bagi yang berminat silahkan hubungi kami melalui Komentar atau kirim via email thifapramesta@gmail.com atau melalui contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Perlindungan Tanaman Cabe Saat Musim Hujan"
    Back To Top