Tips Sederhana Membuat Tahu

Tips Sederhana Membuat Tahu - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Tips Sederhana Membuat Tahu, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Kuliner, Tips, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Tips Sederhana Membuat Tahu
link : Tips Sederhana Membuat Tahu

Baca juga


Tips Sederhana Membuat Tahu

-- --
Potret Pertanian - Ngomong-ngomong masalah tahu yang beberapa tahun lalu sempat menjadi perbincangan semua kalangan diseluruh pelosok negeri Indonesia, dimana dinegara yang agraris yang subur harus impor kedelai sebagai bahan baku tahu dan tempe, Tapi kali biarlah kita berdoa saja semoga semangat petani kita saat ini taklagi loyo untuk terus bersemangat membudidayakan tanaman yang menjadi vavorit lidah tradisional asli indonesia. Ok tapi kali ini kita tidak bahas masalah tersebut, sesuai dengan Judul posting diatas saya akan membagikan Tips Sederhana  Membuat Tahu, semoga saja artikel ini dapat membantu dan berguna buat kita semua, ok selamat menyimak beberapa tahapan membuat tahu tersebut dibawah ini.

Cara Membuat Tahu
Bahan membuat tahu :
– Kacang kedelai (sesuai kebutuhan saja) biasanya cukup 3 kg (utk keluarga kecil)
– Vinegar (cuka) warna putih
– Kain Belacu (kain bekas karung tepung)

Cara Membuat Tahu
  • Bersihkan kedelai dan kemudian buang yg sudah layu/kisut, kalau bisa pilihlah yg bijinya besar.
  • Cuci bersih kedelai lalu rendam dalam air banyak (sampai kedelai tenggelam) selama 6 jam.
  • Setelah itu cuci kedelai terus menerus selama setengah jam. Cara Membuat Tahu Lalu bagi-bagi kedelai sesuai dgn kapasitas blender dan letakkan didalam wadah bambo atau plastic.
  • Kedelai digiling sampai halus menggunakan blender tapi kalau ada juicer lbh baik lagi kedelai digiling halus dan air ditampung. Cara membuat tahu kalau memakai blender setelah diblender bisa langsung direbus tanpa perlu memisahkan air dan ampas.
  • Ampas kedelai langsung direbus secepatnya selama 15-20 menit dalam wajan yg besar untuk mendapatkan hasil tahu yg bagus/tdk keras.
  • Adonan ampas kedelai yg sudah direbus tadi langsung dituang kedalam kain belacu (yg sudah disiapkan sebelumnya diatas wadah besar dr clay atau plastic dan diikat kuat agar saat menuang adonan rebusan kain tdk jatuh kedalam wadah dan kain juga harus kuat menahan berat adonan).
  • Lalu peras ampas kedelai dgn menggunakan air panas, cara membuat tahu dan lakukan berulang ulang hingga tidak ada sari lagi yg tersisa diampas kedelai.
  • Air saringan yg tertampung biasanya warna kuning atau putih lalu dicampur dgn asam cuka agar menggumpal, aduk sampai rata, asam cuka bisa digantikan dgn air kelapa atau sulfat kapur.
  • Gumpalan2 tahu yg mulai mengendap dituangkan dalam kotak berukuran 30×20 cm2 dan dialasi kain belacu.
  • Adonan tahu kotak dikempa selama beberapa saat agar air yg masih tercampur dalam adonan tadi habis.
  • Bila adonan itu sudah jadi, sudah dpt dipotong potong dan simpan dikulkas, dan siap diolah setiap saat.
  • Selesailah Cara Membuat Tahu dan siap untuk di jadikan menu sehat buat keluarga.
Selamat mencoba dan sukses selalu buat sahabat semua.


Demikianlah Artikel Tips Sederhana Membuat Tahu

Sekianlah Pembahasan Tips Sederhana Membuat Tahu kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.Minat Pupuk Mikro Organik Cair, Solusi Terbaik untuk semua Jenis Tanaman, Memperpanjang Mas Produksi Tanaman Cabe, Tomat, serta meningkatkan Produktifitas tanaman, Bagi yang berminat silahkan hubungi kami melalui Komentar atau kirim via email thifapramesta@gmail.com atau melalui contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • Tag : Kuliner, Tips
    0 Komentar untuk "Tips Sederhana Membuat Tahu"
    Back To Top