Cara Membuat Benih Mentimun Dari Kebun Sendiri

Cara Membuat Benih Mentimun Dari Kebun Sendiri - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Cara Membuat Benih Mentimun Dari Kebun Sendiri, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, perbanyakan tanaman, Tanaman Sayur-sayuran, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Cara Membuat Benih Mentimun Dari Kebun Sendiri
link : Cara Membuat Benih Mentimun Dari Kebun Sendiri

Baca juga


Cara Membuat Benih Mentimun Dari Kebun Sendiri

Potret Pertanian - Selamat malam sahabat petani dimanapun berada,  trimakasih sudah sudi berkunjung di website sederhana ini untuk terus berbagi solusi dan informasi dibidang pertanian.  Sampai saat ini website ini bisa bertahan, itu karena anda semua yang selalu setia berkunjung dan berbagi untuk yang lebih baik.  

Sahabat Potret dalam kesempatan kali saya akan berbagi Cara Membuat Benih Mentimun Dari Kebun Sendiri, tapi ingat ya tak semua bibit bisa bagus untuk dibuat bivit sendiri,  untuk mentimun hibrida F1 contohnya kurang baik untuk diseleksi menjadi benih sendiri,  karena mentimun F1 adalah perkawinan dari beberapa mentimun indukan.  Makanya jika diseleksi untuk benih sendiri akan menjadi beberapa ragam. 

Untuk membuat bibit mentimun sendiri dianjurkan adalah bibit lokal.  Sekalian menjaga kekayaan lokal yang saat ini mulai banyak hilang. Nah berikut cara sederhananya Cara Membuat Benih Mentimun Dari Kebun Sendiri.

Dalam keberhasilan budidaya Mentimun (Cucumis sativus L) banyak factor yang harus dipenuhi salah satunya factor pemilihan benih, jika benih yang disemai bagus maka pertumbuhan tanaman mentimun juga kemungkinan bisa bagus baik untuk pertumbuhan tanaman ataupun hasil atau panen yang diharapkan.

Baik kita mulai membahas cara membuat benih Mentimun (Cucumis sativus L) nya. Pertama tama kita harus menyiapkan alat, adapun alat yang harus disediakan adalah:

  1. Pisau
  2. Sendok 
  3. Wadah untuk penyimpanan benih

Setelah alat disiapkan, sekarang kita menyiapkan calon benih Mentimun (Cucumis sativus L). untuk memilih calon benih Mentimun kita harus memilih Mentimun yang besar, paling tua (matang) dan bentuk fisik tidak terserang hama maupun penyakit.
Setelah alat dan bahan tersedia kita mulai membuat benihnya :
Langkah 1.
Buah mentimun yang akan dijadikan benih dibelah menjadi 2 (dua) bagian, untuk mempermudah memisahkan biji/benih yang menempel pada daging mentimun, kemudian biji mentimun di pisahkan dari daging mentimun dengan cara di kerok dengan menggunakan sendok.

Langkah 2.
Biji mentimun tadi seleksi yang terbaik untuk dijadikan benih, karena factor ini akan menentukan kualitas benih yang akan dihasilkan. Setelah sudah dipisahkan dan diseleksi, biji tadi di simpan dalam wadah, biasa menggunakan Nampan atau baskom, busa juga menggunakan ember atau bak air. 

Langkah 3.
Selanjutnya untuk memisahkan biji dengan lendir. Menggunakan rumput ilalang remas-remas hingga lendirnya terpisah, lalu rimbang dengan air didalam bak atau ember untuk memisahkan lendir dan biji mentimun yang kopong atau jelek yang mengapung terbawa air.  Dengan demikian bibit yang tertinggal bersih dan berisi. 

Langkah 4.
Lakukan penjemuran, biji mentimun yang sudah diseleksi tadi dijemur dibawah sinar matahari agar bertujuan untuk mengeringkankan dan merangsang daya tumbuh pada biji mentimun. Setelah dirasa biji mentimun kering, maka biji mentimun sudah siap menjadi benih dan siap untuk ditanam kembali.

Berikut gambar yang di jeptet oleh petani sukses dari pariaman mas Imam bae







Bagaimana sahabat semua dengan Cara Membuat Benih Mentimun Dari Kebun Sendiri sangat sederhana dan mudahkan.   Dengan membuat benih secara sendiri dapat mengurangi biaya budidaya untuk pembelian benih dan tentunya asal varietas dari benih itu sendiri dapat diketahui perkiraan pertumbuhan dan hasil yang akan didapatnya.


Demikianlah Artikel Cara Membuat Benih Mentimun Dari Kebun Sendiri

Sekianlah Pembahasan Cara Membuat Benih Mentimun Dari Kebun Sendiri kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Potret Pertanian. "Bagi yang Berminat menulis di Potret Pertanian?. Punya Pengalaman didunia pertanian, atau ingin Berbagi Solusi dan Informasi Penting Untuk Pertanian. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: prasetyo.budi3@gmail.com atau klik tautan Contact Us dibawah ini
  • Contact Us

  • 0 Komentar untuk "Cara Membuat Benih Mentimun Dari Kebun Sendiri"
    Back To Top