Minggu, November 12, 2017

Pengertian Lahan Marginal

Baca Juga

POTRET PERTANIAN - Lahan-lahan konversi dimana kesuburan tanahnya sudah berkurang, lahan bekas alang-alang atau lahan-lahan kritis yang telah diusahakan pengembalian produktivitasnya maupun lahan terlantar yang tidak dimanfaatkan oleh rakyat, akhir akhir ini dkenal dengan sebutan lahan marginal.

Lahan marginal merupakan salah satu alternatif yang diambil untuk pengembangan budidaya rami, di mana pada lahan marginal ini produktifitasnya kurang mendukung (keadaan fisik dan kimianya) terhadap pertum-buhan dan produksi tanaman rami.
Advertisement

Lahan marginal adalah seperti tanah rawa di mana kandungan airnya tinggi, bahan organiknya tinggi, dan mineralnya rendah; tanah gambung yang kadar mineralnya lebih tinggi dari tanah rawa; tanah pasang surut yang pada saat tertentu kadar airnya tinggi dan disaat yang lain kadar airnya menurun.

Kemampuan dan kesesuaian lahan mar-ginal kurang memberikan keuntungan terhadap tanaman rami, sehingga usaha pengembangan tanaman rami yang dilakukan pada lahan marginal kurang memberikan keuntungan, terutama sekali akan mengakibatkan pertumbuhan tanaman rami tidak optimal. Biasanya lahan marginal mempunyai tingkat kesuburan tanah rendah, sifat fisik tanahnya sudah menurun terutama sekali struktur tanahnya sudah rusak. Apalagi jika pada lahan marginal telah mengalami erosi yang cukup berat, sehingga solum tanahnya sudah tipis dan top soil tanahnya tidak mengandung unsu hara yang seimbang lagi bagi pertumbuhan. tanaman rami.

  Kyewot Pencarian (  Lahan marginal, pengertian lahan marginal, lahan marjinal,  lahan marginal adalah, Tanah marginal,pengertian lahan marjinal,  pengertian tanah marginal, apa itu lahan marginal, lahan marjinal)
Rekomendasi Untuk Anda × +