Sabtu, November 18, 2017

PERAN LITBANG DALAM PENCAPAIAN SWASEMBADA PANGAN DI INDONESIA

Baca Juga

POTRET PERTANIAN - Swasembada pangan di indonesia dewasa ini sedang ditingkatkan demi tercapainya ketahanan pangan nasional, berbagai elemen pemerintahan bekerjasama dalam meningkatkan percepatan swasembada pangan nasional. Langkah sosialasi yang dilakukan oleh litbang melalui berbagai media, seperti yang dilakukan oleh litbang bekerjasama dengan universitas tamansiswa padang dengan mengadakan kuliah umum peran litbang dalam pencapaian swasembada pangan di indonesia, diruang sidang prof. Haryono  suyono oleh Dr. Ir. Chandara Hendrayanto, Msc. (18/11).

Litbang pertanian yang terus berinovafi dengan berbagai inovasi demi menunjang pencapaian swasembada pangan di Indonesia, salah satunya yang dikenalkan oleh narasumber kepada peserta kuliah umum, '' KATAM ( Kalender tanam ). Pedoman atau alat bantu yang memberikan informasi spasial dan tabular tentang jadwal tanam secara terpadu.

Menyikapi dampak perubahan iklim terhadap sektor pertanian, antara lain perubahan awal waktu tanam (onset) dan panen, pola tanam, dan luas tanam, maka diperlukan suatu panduan kalender tanam bagi petani pada skala nasional. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian telah mengembangkan Sistem Informasi Kalender Tanam Terpadu untuk mendukung Program Peningkatan Produksi Beras National (P2BN). Sistem Informasi ini dapat memandu penyuluh dan petani hingga level kecamatan dalam mengelola kegiatan budidaya tanaman pangan. Berikut contoh katam.


KATAM VERSI SMS

Ketik tanya nama provinsi/kabupaten/kecamatan
Contoh "solok"
Kirim ke : 081235651111

KATAM VERSI ANDROID

Ketik nama provinsi/kabupaten/kecamatan
Contoh "Solok selatan"
Klik tombol yang tersedia. Koneksi internet harus ada.

Semoga  langkah-langkah yang dilakukan oleh Litbang pertanian dapat segera tercapa Kedaulatan pangan yang mencakup kebutuhan pangan dari produksi dalam negeri serta kemandirian pemerintah  atau hak masarakat terhadap pangan demi terwujudnya kesejahteraan petani.
Rekomendasi Untuk Anda × +