Tanda dan Gejala Serangan Hama Tungau Merah pada Ubi Kayu

Tanda dan Gejala Serangan Hama Tungau Merah pada Ubi Kayu - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Tanda dan Gejala Serangan Hama Tungau Merah pada Ubi Kayu, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, hama dan penyakit tanaman, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Tanda dan Gejala Serangan Hama Tungau Merah pada Ubi Kayu
link : Tanda dan Gejala Serangan Hama Tungau Merah pada Ubi Kayu

Baca juga


Tanda dan Gejala Serangan Hama Tungau Merah pada Ubi Kayu

-- --
POTRET PERTANIAN - Ubi kayu sering dikenal dengan tanaman semusim dan tumbuh pada lahan kering dengan tingkat kesuburan tanah yang rendah dan ketersediaan air terbatas. Namun, dengan umur panen ubi kayu yang panjang menyebabkan berisiko tumbuh pada musim kemarau yang panjang dan berpeluang mengalami cekaman kekeringan. Pada saat kondisi kekeringan, tanaman ubi kayu dapat terserang hama tungau merah (Tetranychus urticae).

Tungau merah menyerang tanaman ubi kayu dengan cara merusak sel-sel mesofil dan mengisap isi sel termasuk klorofil. Gejala awal serangan tungau merah adalah adanya bintik-bintik berwarna kuning pada bagian dasar daun, berlanjut ke sekitar tulang daun utama, dan daun berubah warna menjadi cokelat.

Meskipun luka yang disebabkan oleh individu tungau merah sangat kecil, namun apabila serangan disebabkan oleh ratusan bahkan ribuan tungau merah akan dapat menyebabkan gejala serangan yang parah. Secara nyata dapat mengurangi kemampuan tanaman untuk berfotosintesis. Daun yang mengalami serangan tungau merah mempunyai laju fotosintesis yang rendah, transpirasi meningkat, dan kadar klorofil rendah.

Pada saat populasi berkembang, tungau menyebar ke seluruh daun, termasuk permukaan atas daun, dan bintik-bintik kuning menyebar ke seluruh daun, menyebabkan daun berwarna kemerahan seperti karat. Pada serangan parah, daun bagian tengah dan bawah akan rontok, selanjutnya serangan mengarah ke bagian pucuk, dimana tunas mengalami penyusutan ukuran dan banyak dijumpai adanya jaring (web) berwarna putih yang menyelimuti daun pada sepertiga bagian atas tanaman.

Tungau merah dapat menyebabkan kerusakan parah pada seluruh varietas ubi kayu, menyebabkan klorosis dan kehilangan area fotosintesis hingga 90%, serta defoliasi. Penurunan hasil ubi kayu akibat serangan hama tungau merah dapat mencapai 60%.

Serangan tungau merah pada titik tumbuh dan tunas dapat menyebabkan pembentukan daun berkurang, ruas batang memendek, penurunan produktivitas tanaman, serta mempengaruhi kuantitas dan kualitas bahan tanam.Serangan tungau merah yang parah dapat menyebabkan kematian tanaman ubi kayu, tergantung lama serangan dan umur tanaman. Serangan hama tungau merah dengan intensitas tinggi dapat menyebabkan semua daun luruh dan kehilangan hasil. (TS/FZP)


Demikianlah Artikel Tanda dan Gejala Serangan Hama Tungau Merah pada Ubi Kayu

Sekianlah Pembahasan Tanda dan Gejala Serangan Hama Tungau Merah pada Ubi Kayu kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.
0 Komentar untuk "Tanda dan Gejala Serangan Hama Tungau Merah pada Ubi Kayu"

Like us on Facebook

Back To Top