Cara Mengatasi 18 Hama dan Penyakit Buah Naga Menurut IPB

POTRET PERTANIAN - Menanam buah naga itu gampang gampang susah. Harus tekun agar hasil maksimal. Selain anda harus bekerja ekstra ker...

POTRET PERTANIAN - Menanam buah naga itu gampang gampang susah. Harus tekun agar hasil maksimal.

Selain anda harus bekerja ekstra keras untuk pertumbuhan awal. Anda juga harus ekstra waspada terhadap serangan hama dan penyakit.
Hama dan Penyakit di bawah ini adalah hasil penelitian dari Riska Dwi Octaviani di Institut Pertanian Bogor.

Meski sangat jarang, pohon kaktus satu ini juga bisa terserang hama dan penyakit yang mematikan. Tidak hanya di Indonesia, di Australia juga ada buah naga yang diserang penyakit.

Saya akan menceritakan dulu jenis hama dan penyakitnya. Di bagian akhir saya akan bercerita cara pengendaliannya.
Kenapa Buah Naga Saya Tidak Berbuah?
itu adalah pertanyaan yang sering diucapkan para penanam buah naga.

Ada yang membeli bibit dari tukang bibit keliling, lalu menanamnya di belakang rumah. Setelah dicek ternyata tempatnya terlalu teduh. Buah Naga adalah sejenis kaktus, dia butuh tempat yang panas dan terbuka.

Kalau saya kelompokkan, penyebab buah naga gagal berbuah itu ada 5 yaitu :

Kurang cahaya matahari.
Salah Pupuk
Tidak dipangkas
Kebanyakan Air
Serangan Hama dan penyakit
Penyerbukan yang Tidak Sempurna
Di sini kita akan fokus mengenai hama dan penyakit buah naga. Jika anda belum mengetahui penjelasan lima lainnya, silahkan baca dulu : Cara Menanam Buah Naga Agar Cepat berbuah, di situ anda bisa langsung loncat ke Kenapa Buah Naga Tidak Berbuah dan cara mengatasinya.

Hama Buah Naga
Paling tidak ada 8 hama yang menyerang buah naga. Penyerangan hama jarang sekali terjadi dan jika ditangani dengan baik biasanya bukan masalah serius. Tapi, kalau diabaikan akan membuat hasil kebun anda menjengkelkan.

Sebelum melanjutkan, agar anda makin waspada saya sarankan anda melihat foto dan video tanaman buah naga yang diserang kutu, yang diupload oleh Badan Penelitian dan Pembangunan Tropika
Yuk kita bahas satu persatu

Kutu Putih
Kutu ini ditemukan di kulit buah maupun sisik, ditemukan juga di sulur yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung.
Ciri buah naga yang terserang : terdapat lapisan lilin berwarna putih
Kutu putih mengundang semut dan bekerja sama menghancurkan buah naga anda. Semut-semut hitam tersebut bahkan melindungi kutu putih dari para predator

Kutu Daun
Ditemukan di sisik buah dan kelopak bunga. Bagian yang terkena kutu biasanya menguning.

Efek serangan : Buah mengerut dan mengering serta mengundang hama lain, yaitu: semut

Menular? Iya, jadi harus segera ditangani.

Semut
Saya jengkel dengan hewan satu ini. Harusnya dia menjadi predator para kutu.

Eh untuk kasus buah naga ini dia malah menjadi teman dan pelindung bagi kutu daun dan kutu putih.

Slain itu, semut juga membuat sarang di buah sehingga buah akan berwarna hitam dan tidak layak jual. Kalaupun laku, harganya pasti murah.
Bekas gigitan semut juga menyebabkan warna coklat shingga buah yang sudah digigit semut tidak menarik untuk dijual.

Belalang
Belalang yang pernah menyerang buah naga adalah belalang Kayu.  Meskipun tidak separah semut dan kutu, anda harus tetap membasminya. Gigitan belalang akan membuat buah naga berwarna cokelat dan menurunkan harga jual.
Hama belalang jarang ditemui di buah naga. Semoga di tempat anda juga tidak ada.

Tungau
Hewan ini sangat kecil dan tidak nampak. Tungau yang menyerang buah naga adalah jenis tetracyd dan baru tampil jika dilihat menggunakan mikroskop.

Mirip dengan kutu putih, tungau ini menghasilkan bercak bercak putih tidak merata seperti gambar di bawah ini.
Buah naga merah yang normal memang punya garis garis putih yang merata dan biasanya kusam, sedangkan serangan tungau bercak putihnya acak dan tidak merata.

Bekicot
Bekicot biasanya memakan tunas muda buah naga. Ini berbahaya lebih-lebih jika umur buah naga kurang dari satu tahun.

Ciri kehadiran bekicot adalah kotorannya yang berada di sekitar buah naga atau menempel di buah naga. Bisa juga dilihat dari bekas cangkang buah naga.
Burung
Burung menyerang buah naga dengan cara mematok buah naga dari atas. Entah apa tujuannya, biasanya burung ini hanya mematk – matokkan paruhnya, tidak memakan buah naga sampai habis.

Buah yang sudah dipatuk burung akan mengundang datangnya lalat buah. Ini menyebabkan buah naga tersebut busuk.

Serangan burung jarang terjadi, tapi jika terjadi sangat menyusahkan karena mobilitas burung yang cepat.

Ayam
Ayam suka memakan buah naga yang dekat dengan tanah. Tentu saja buah naga sisa makanan si ayam ini tidak akan laku anda jual.

Saran saya bungkuslah buah naga yang dekat dengan tanah.
Ayam biasanya bisa memakan buah naga sampai ketinggian 70 cm.

Penyakit Pada Buah Naga
Sebagaimana tumbuhan kaktus lainnya, buah naga jarang sekali terkena penyakit.

Meski demikian, anda sebaiknya tahu macam macam penyakit buah naga.  Yuk kita bahas.

Karat Merah Alga
Bercak Orange Sulur
Ada bercak berwarna orange yang menyebar tidak beraturan. Beberapa bagian bercak tersebut ditemui bintik hitam atau coklat. penyebabnya adalah cendawan fusarium sp


Putih Sulur
Biasanya terjadi pada buah naga yang sudah berumur 5 tahun. Biasanya warna putihnya merata.

Ada juga yang lebih berbahaya, warna putihnya tidak merata. Bercak putih ini akan membesar dan akhirnya mengelupas, lalu sulur uah naga menjadi cokelat.

Lihat gambar untuk semakin jelas
Hawar dan Antraknosa Sulur
Ada dua jenis penyakit hawar ini.

Pertama, muncul bercak hitam melebar mulai dari bagian tepi sulur yang kemudian melebar ke permukaan sulur lain
Kedua, muncul bercak berwarna coklat jerami, juga dimulai dari tepi sulur. Di dalam bercak terdapat bintik-bintik hitam yang berbaris secara teratur, bahkan ada juga yang berlendir.
Kusam Putih Sulur
Kusam putih ini mirip serangan tungau. Namun kusam putih akan terlihat bintik-bintik hitam. Apabila bagian tersebut dipegang maka

Busuk Lunak Batang
Batang yang terserang penyakit ini akan membusuk, mengeluarkan bau tidak enak, dan berair . Busuk batang diduga karena pengairan berlebihan atau masalah ketinggian permukaan tanah.

Kuning Sulur
Sulur menguning ini seperti layu. Dia kekurangan pupuk  jenis nitrogen. Jika tidak ada pupuk NPK, bisa diganti dengan pupuk kandang dari kotoran sapi atau kambing
Antraknosa Buah
Trdapat bercak hitam dan coklat yang beraturan di kulit buah. Awalnya kecil, jika tidak segera ditangani akan melebar dan bisa menular ke buah naga lainnya.
Bercak Orange buah
Terdapat bercak berwarna orange seperti besi berkarat yang ditemukan pada kulit buah. Biasanya penyakit ini muncul setelah ada serangan hama belalang.

Bintik Hitam pada Sulur
Dengan mata biasa, kita akan melihat bahwa warna bercaknya adalah hitam. Akan tetapi kalau kita mengamati permukaan sulur yang terserang penyakit ini dengan mikroskop kita akan menjumpai benjolan coklat dengan pusat berlubang

Pengendalian Hama dan Penyakit Buah Naga
Hama dan penyakit buah naga belum memberikan kerugian yang banyak. Ini sebabnya, belum ada pengendalian khusus atau obat khusus untuk buah naga. Semuanya masih umum.

Misalnya:

Mengatasi Bekicot

Petani biasanya akan membuang atau menginjak bekicot yang ditemukan. Biasanya setelah hujan para petani menyisir buah naga untuk menemukan bekicot

Membasmi Semut dan Teman -Teman Kutunya

Bisa dengan obat anti semut. Bisa juga manual dengan membuang sarang semut yang ditemukan.

Melakukan pencegahan dengan membuang bunga kering atau buah yang sudah busuk. Pembuangan bisa dengan mengubur di dalam tanah, membakar, atau membuangnya jauh jauh dari kebun.

Mengatasi Ayam

Agar tidak dimakan ayam, buah naga yang pendek dibungkus dengan plastik

Mengatasi Burung

Membuat orang-orangan seperti di sawah.

Melawan Penyakit

Membuang sejauh mungkin, mengubur, atau membakar bagian buah naga yang terserang penyakit agar tidak menular.

Anda juga sebaiknya melakukan pencegahan penyakit dengan menggunakan pupuk kandang.

Iya, apabila sepenuhnya menggunakan pupuk NPK buatan, tanaman lebih rawan terserang penyakit. Itulah sebabnya para petani buah naga juga menggunakan pupuk kandang yang sudah matang.

COMMENTS

Nama

Adsense,1,aero 810,2,agen nasa jakarta,1,agensia hayati,1,Agribisnis,28,Agro Industri,11,Agro Teknologi,13,Alat dan mesin Pertanian,10,alat pengumpul brondolan sawit,1,Anak Pespa,1,aphis,1,Awas Penipuan,1,Bahan Bakar Nabati,1,bahan organik,1,bandeng,1,Bawang Putih,1,BBI Pertanian,1,belalang,1,Benih Timun Berkualitas,1,Benih Unggul,5,Berita,22,Beternak Kambing,2,Beternak Sapi Perah,8,BETERNAK/ BUDIDAYA CACING TANAH,2,beuveira bassiana,1,Bibitt Tanaman,1,Biologi,1,BPTP Sukarame,1,Breaking news,111,brondolan,1,buah sawit,1,budi prasetyo,2,Budidaya,15,Budidaya Ayam,3,Budidaya Belimbing,1,Budidaya Belut,1,Budidaya Buah,5,Budidaya Buah Stroberi,4,Budidaya Burung,1,Budidaya Cabe,2,Budidaya Hewan,19,Budidaya Ikan,18,Budidaya Ikan Gurami,5,Budidaya Ikan Mujair,6,Budidaya Itik,1,Budidaya Jagung,3,Budidaya Jahe,2,Budidaya Jamur,1,Budidaya Jati,1,Budidaya Kacang,6,Budidaya Kacang Hiajau,1,Budidaya Kecipir,1,budidaya kedelai,1,budidaya kedondong,1,Budidaya Kina,4,Budidaya Kodok,1,Budidaya Kunyit,1,Budidaya Lada,1,Budidaya Lebah,1,Budidaya Manggis,1,Budidaya Melati,5,Budidaya Pala,1,Budidaya Pertanian,5,Budidaya Petani,120,Budidaya Rumput Laut,1,Budidaya Sapi,3,budidaya sapi potong,1,Budidaya Sawit,2,Budidaya Sawo,5,Budidaya Sayuran,1,Budidaya Singkong,1,Budidaya Sukun,1,Budidaya Tanaman,92,Budidaya Tanaman Palem,5,Budidaya Tebu,2,Budidaya Terong,1,Budidaya Timun,1,Budidaya Tomat,1,Budidaya Udang,1,Budidaya Wortel,1,Busuk Buah Cabe,1,bvr,1,campuran pestisida,1,cara budidaya bandeng,1,cara budidaya lele,1,cara budidaya rumput laut,1,cara budidaya udang,1,cara order,1,cara pemesanan,12,Celoteh laskar pelangi,5,culture,2,Data statistik Pertanian,3,Departemen RI,2,desain,1,Dinas Pertanian Indonesia,1,distributor,8,distributor nasa,2,distributor nasa jakarta,1,distributor nasa medan,1,distributor nasa pematang siantar,1,distributor nasa sumatera utara,1,distributor resmi nasa yogyakarta,2,education,19,Ekonomi,3,Ekspor impor,3,ekspor pupuk organi,1,Entrepreneur,1,Faritas Tanman,4,faritas unggul,1,Farming,2,Farming Simulator,1,Freeport Indonesia,1,fungisida,1,fusarium,1,goverment,12,greenstar,1,Gulma,2,Hama,4,hama dan penyakit,1,hama dan penyakit tanaman,73,Hama Penyakit,15,hara tanaman,20,health,7,herbal,5,herbisida,1,Hiburan,1,Hidroponik,10,HKTI,2,hormon,1,hormonik,8,Humor,1,ikan,2,Ikan Lele,2,Ikan Nila,1,Informasi,2,Informasi Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT),34,Informasi Pertanian,13,Inovasi Pertanian,11,insektisida,1,Istilah Pertanian,1,Izin Usaha,3,jamur penyebab layu,1,Jenis-jenis pertanian,2,Jual Benih Berkualitas,1,jual produk nasa di jakarta,1,jual Tanah,1,Juice,2,Jurnal Pertanian,5,Jus,2,Kabar Pasar,1,Kalender Tanam,2,kantor Dinas Pertanian di Indonesia,20,kantor pusat natural nusantara,1,Karya Mahasiswa,7,Keira usahaan,1,Kelapa Sawit,1,Kementerian Pertanian,1,kepik,1,Kerajinan Tangan,18,Kesehatan,8,Ketahanan Pangan,2,Kewira Usahaan,5,Kimia Pertanian,1,kisah misteri,1,KKKN Unitas Padang,1,Klasifikasi Tanaman,1,Kolektor,1,Kompos,2,Komunitas Pespa,1,Konsep Pembangunan Pertanian,1,KONSERVASI TANAH,1,Konservasi tanah dan air,1,Konsultasi Gangguan OPT,2,Konsultasi Tanaman,2,Koperasi,1,Kopi Lampung,1,KRPL,1,Kuliner,6,Kultur Jaringan,4,kunjungan tim sgi,4,kutu,2,Lahan Marginal,3,Lain-lain,2,liburan,1,Lidah Buaya,1,lingkungan,1,logo,2,lomba pertanian,1,Mahasiswa Unitas Padang,13,Manfaat,1,Manfaat Buah,6,Manfaat dan Obat,49,Manfaat Tanaman,4,medicine,3,Memelihara Burung,2,mempercepat panen,4,Mencangkok,1,mengatasi kematian ayam,1,mengatasi kematian lele,1,mengatasi serangan gulma,3,meningkatkan nafsu makan ayam,1,Mikoriza,2,Nama Latin,1,Nanas,2,Nangka,5,nasa,16,natural bvr,1,natural glio,1,natural nusantara,22,natural pentana,1,natural virexi,1,natural vitura,1,news,3,npk,5,Olah Raga,2,order produk nasa,2,organik,14,Organisasi,11,Pakan sapi,1,palm loose fruits picker,1,Panduan cara budidaya ayam broiler,1,panduan cara penggemukan sapi pedaging,2,panduan perikanan,3,panduan teknis,2,Panen,1,Pariwisata,6,Pasang Iklan,1,Pasca Panen,6,pembayaran order,1,pembuahan di luar musim,1,pemesanan produk,6,pemupukan,16,penelitian,4,pengendali hama,5,pengendali hama organik,2,penggerek batang,1,penghematan pakan,2,penghematan pupuk,1,Pengolahan Hasil Pertanian,1,pentana,1,Penyakit,1,Pepaya,4,perbanyakan tanaman,33,perekat pembasah perata,1,Perikan,3,perikanan,2,peristiwa,1,perkebunan kelapa sawit,1,Perlintan,31,Pertanian,71,Pertanian DI Jakarta,2,Pertanian Dunia,1,Pertanian Organik Modern,3,Pertempuran,1,Pestisida,9,pestisida nabati,1,pestona,1,Peternakan,54,Photo,4,Piala AFF U19,2,Pisang,4,PKK,3,poc nasa,9,Pojok Potret,119,Politik,1,poto bunga dan tanaman,5,potret pertanian,49,Potret Pertanian Provinsi,24,power nutrition,1,Pribahasa,1,Produk Olahan,9,produk perlindungan tanaman,12,Profil Artis Korea,1,Profil Daerah,10,Profil Kampus,1,Provinsi Banten,1,Provinsi Bengkulu,1,Provinsi DI Aceh,1,Provinsi DI Yogyakarta,2,Provinsi Jambi,1,Provinsi Jawa Barat,1,Provinsi Jawa Tengah,3,Provinsi Jawa Timur,1,Provinsi Lampung,6,Provinsi Riau,1,Provinsi Sumatera Barat,9,Provinsi Sumatera Selatan,2,Provinsi Sumatera Utara,2,Pupuk,22,pupuk khusus perikanan,1,pupuk khusus tanaman buah,1,pupuk organik,4,pupuk organik cair,1,pupuk organik padat,1,pupuk pembuahan,1,pupuk supernasa,1,Rambutan,4,rebah semai,1,religi,15,Resep Makanan & Minuman,1,Resep Masakan,1,Review Blog,5,rontokan buah kelapa sawit,1,rontokan buah sawit,1,Rumah sakit,1,Sains,4,Salak,3,Sapi,3,science,1,Semen Padang,3,Semut,1,Seni Budaya,1,serba-serbi potret pertanian,33,Smule,1,society,14,solusi pertanian,24,spora,1,Subsidi,2,supernasa granule,1,Swasembada Pangan,1,Syarat Tumbuh,4,Tabulampot,2,tambak,1,Tambulanpot,1,Tanah,2,Tanah Surga,1,Tanaman,6,Tanaman Buah,14,tanaman Bunga,2,Tanaman Hias,4,Tanaman Hortikultura,18,Tanaman kacang-kacangan,2,Tanaman Lada,1,Tanaman Obat,4,Tanaman Obat-obatan,3,Tanaman Pangan,11,Tanaman Perkebunan,26,Tanaman Rempah,1,Tanaman Sayur-sayuran,10,teknik budidaya,47,Teknologi,11,Teknologi Pertanian,47,ternak,1,thrips,2,Tips,44,Tips dan Trik,2,Tips Kesehatan,26,Tips Pertanian,4,Tips Peternakan,16,Tips Usaha,2,ton,5,Top King,1,Toyota Agya,1,Transgenik,1,tungau,1,Uang,1,Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri,1,udang,1,ulat,1,ulat grayak,2,Unik,1,Unitas Padang,14,Universitas Tamansiswa Padang,5,unsur hara mikro makro,1,uret,1,Usaha Pertanian,8,Vertical Garden,1,vidio,7,vitamin ternak natural,1,vitamin ternak organik,1,viterna,5,viterna plus,2,walang sangat,1,wereng,1,Wisata,11,wisata alam,4,zat pengatur tumbuh,1,zpt,2,
ltr
item
POTRET PERTANIAN : Cara Mengatasi 18 Hama dan Penyakit Buah Naga Menurut IPB
Cara Mengatasi 18 Hama dan Penyakit Buah Naga Menurut IPB
https://2.bp.blogspot.com/-MJFAhEbfJEQ/WopuzMxMpQI/AAAAAAAAAJc/UlysIQS3vMsCvgjrFCH5R_5LrSmcb4lmgCLcBGAs/s640/Mengatasi%2BPenyakit%2BBuah%2BNaga.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-MJFAhEbfJEQ/WopuzMxMpQI/AAAAAAAAAJc/UlysIQS3vMsCvgjrFCH5R_5LrSmcb4lmgCLcBGAs/s72-c/Mengatasi%2BPenyakit%2BBuah%2BNaga.jpg
POTRET PERTANIAN
http://www.potretpertanian.com/2018/02/cara-mengatasi-18-hama-dan-penyakit.html
http://www.potretpertanian.com/
http://www.potretpertanian.com/
http://www.potretpertanian.com/2018/02/cara-mengatasi-18-hama-dan-penyakit.html
true
1260386686452922413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy