Tips Ampuh Kendalikan Busuk Buah Pada Tanaman Cabe

Tips Ampuh Kendalikan Busuk Buah Pada Tanaman Cabe - Hallo sahabat POTRET PERTANIAN , Pada Postingan Kali ini yang berjudul Tips Ampuh Kendalikan Busuk Buah Pada Tanaman Cabe, Semoga artikel ini dapat anda pahami dan dapat bermanfaat buat kita semua, Busuk Buah Cabe, hama dan penyakit tanaman, Tips, terimakasih telah berkunjung ke website sederhana ini dan selamat membaca.

Judul : Tips Ampuh Kendalikan Busuk Buah Pada Tanaman Cabe
link : Tips Ampuh Kendalikan Busuk Buah Pada Tanaman Cabe

Baca juga


Tips Ampuh Kendalikan Busuk Buah Pada Tanaman Cabe

-- --
POTRET PERTANIAN - Busuk buah merupakan salah satu jenis penyakit yang berasal dari organisme penganggu tanaman penyebab penyakit, busuk buah biasanya akan menyerang dari beberapa tanaman terutamanya tanaman cabe. Busuk buah biasanya akan menyerang tanaman cabe yang masih muda, tua dan sudah hampir matang sempurna.
Ketika tanaman cabe sudah menunjukan beberapa gejala mulai dari buah yang mudah, maka sudah lama terinfeksi penyakit busuk buah tersebut. Penyakit busuk buah tersebut akan mengakibatkan penurunan kualitas buah, produktivitas menurun, kegagalan panen bahkan akan mempercepat kematian tanaman. Penyakit busuk buah pada tanaman cabe dapat di kelompokan menjadi dua bagian yaitu penyakit busuk buah di karenakan terinfeksi bakteri, dan penyakit busuk di akibatkan lalat buah.
1. Busuk di akibatkan infeksi bakteri

Penyakit busuk yang diakibatkan bakteri, biasanya bakteri tersebut berupa bakteri Erwinia carotovora. Bakteri ini akan menyerang tanaman cabe yang masih berbuah muda dan sudah hampir matang, yang akan menunjukan gejala awal yaitu tangkai buah akan membusuk atau kering, pangkal ujung berwarna kecoklatan hitaman, dan kelopak buah akan mengalami perubahan warna. Penyakit busuk yang diakibatkan infeksi bakteri ini jika tidak di atasi akan mengakibatkan buah akan mengalami kebusukan yang parah, kegagalan panen, dan bahkan buah cabe akan berjatuhan.
Pengendalian :

Menggunakan bibit unggulan tahan terhadap bakteri.
Melakukan sanitasi dengan menjaga kebersihan lingkunan dan lahan tanaman.
Melakukan penanaman tidak terlalu rapat, terutamanya pada musim penghujan.
Melakukan pemusnahan buah yang sudah terinfeksi atau membuangnya pada daerah yang jauh.
Menggunakan metode penanaman mulsa plastik, untuk mengurangi kelembabapan media tanah.
Melakukan penyemprotan dengan bakterisida, terutamanya agrimycin, kuprocat, plantomycin dan lainnya sesuai dengan dosis yang ditentukan.
2. Busuk di akibatkan lalat buah

Busuk di akibatkan lalat buah  merupakan salah satu masalah atau gangguan yang sering terjadi pada berbagai tanaman hultikulatur, terutamanya pada tanaman cabe. Lalat buah akan menyerang tanaman cabe yang masih berbuah muda hingga tua, gejala yang akan di timbulkan adalah buah berwarna kekuningan, kecoklatan, dan ada beberapa lubang pada buah serta buah akan berbentuk abnormal. Buah yang sudah terinfeksi lalat buah akan mengalami perubahan yang sangat berbeda, hal ini di karenakan lalat buah akan berkembangbiak di dalam buah – buah yang sudah di terkena oleh lalat buah tersebut.


Demikianlah Artikel Tips Ampuh Kendalikan Busuk Buah Pada Tanaman Cabe

Sekianlah Pembahasan Tips Ampuh Kendalikan Busuk Buah Pada Tanaman Cabe kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan Berikutnya dan salam sukses selalu dari Potret Pertanian.
0 Komentar untuk "Tips Ampuh Kendalikan Busuk Buah Pada Tanaman Cabe"

Like us on Facebook

Back To Top