• Breaking News

    Informasi Teknologi untuk Pertanian Modern

    POTRET PERTANIAN - Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbangtan) kembali menjalin kerja sama dengan Universitas. Rabu (07/03/2018) telah di laksanakan penandatangan MoU dengan Universitas Gunadarma. Acara dihadiri oleh Wakil Rektor IV Universitas Gunadarma Prof.Dr. Didin Mukodim, Drs, MM berikut civitas akademika Gunadarma dan Sekretaris Balitbangtan Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdy, M.Sc. berikut pejabat lingkup Balitbangtan.

    Informasi teknologi sangat dibutuhkan untuk menghasilkan produk dan inovasi pertanian yang modern. Program Pengembangan Sistem Informasi Bidang Pertanian diantaranya sistem penunjang keputusan, aplikasi cerdas bidang pertanian, aplikasi pertanian berbasis mobile, aplikasi pertanian berbasis web, aplikasi GIS bidang pertanian dan pengembangan Sistem Kontrol atau Smart Farming.

    “Hasil dari kerjasama ini harus berdasarkan output yang nyata, menghasilkan produk teknologi yang dapat dimanfaatkan stakeholder dalam bidang pertanian”, ungkap Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdy, M.Sc.

    Sebanyak 65 mahasiswa bidang Informasi Teknologi Universitas Gunadarma akan disebar di semua satker Balitbangtan sesuai bidang, keahlian dan minat masing-masing mahasiswa. Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan  ilmu pengetahuan dan alih teknologi, merancang dan melaksanakan konsep sistem, program dalam kegiatan Balitbangtan. Dalam kerjasama ini, Balitbangtan wajib memberikan pendampingan teknologi pertanian guna mendukung pencapaian sasaran dan tujuan kerja sama.

    Upaya bersama di dalam pembangunan sektor pertanian dalam mengaplikasikan inovasi teknologi diharapkan mampu memberikan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat khususnya petani.(Rjs)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad