Selasa, April 24, 2018

Mineral Blok Plus Untuk Penggemukan Sapi

Baca Juga

POTRET PERTANIAN - Dalam usaha penggemukan ternak, pakan merupakan faktor terpenting yang menjadi penyumbang biaya terbesar. Pemilihan bahan pakan dan formulasi ransum akan menentukan jumlah nutrisi yang diperoleh ternak selama waktu pemeliharaan. Di beberapa wilayah, khususnya negara berkembang, pakan ruminansia yang diberikan berasal dari hasil samping tanaman dan tanaman pastura kualitas rendah dengan jumlah vitamin dan mineral yang rendah pula.

Pakan pada ruminansia dapat diberikan dalam berbagai bentuk, salah satunya bentuk padat. Pakan padat dalam bentuk multimineral block memiliki banyak keuntungan seperti mudah dibawa, mudah digunakan dan disimpan, serta lebih efisien dibandingkan metode pemberian mineral lainnya seperti dalam air minum. Pemberian mineral yang lebih efisien ini akan meningkatkan asupan mineral dan vitamin bagi ternak sehingga akan meningkatkan produksinya. Hal ini tentunya yang diharapkan oleh setiap pelaku usaha penggemukan.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Loka Penelitian Sapi Potong menciptakan pakan tambahan dalam bentuk padat yang dinamakan Nut-MB plus yang dibuat dari beberapa bahan pakan untuk ternak Sapi yang dapat digunakan untuk usaha penggemukan. Beberapa bahan pakan tersebut yaitu molasses, tepung gaplek, pollard, bungkil inti sawit, garam dapur, ultra mineral, kapur dan antilmintil alami.

Pakan tambahan ini bisa juga kita katakan seperti permen untuk sapi, karena konsumsi mineral blok plus oleh ternak adalah dengan cara menjilatnya seperti permen. Sumber pakan yang mengandung protein dan mempunyai nilai energi tinggi, sangat diperlukan ternak untuk membantu proses pencernaan secara efektif dan efisien.

Beberapa manfaat mineral blok plus yang telah dihasilkan ini diantaranya yaitu: 1) memperbaiki nilai nutrisi pakan ternak, terutama bila pakan hijauan yang diberiakn berupa jerami; 2) meningkatkan kecernaan pakan ternak ruminansia sehingga meningkatkan efisiensi pakan; 3) pencernaan dan kecernaan zat-zat pakan ternak sapi, kambing, domba akan lebih efisien dan meningkat; 4) meningkatkan produktivitas ternak; 5) meningkatkan produksi ternak; 6) memenuhi kebutuhan mineral makro dan mikro. (Ctr)
Rekomendasi Untuk Anda × +