Jumat, Juni 22, 2018

Melalui Semangat Gotong Royong Berbagi Solusi dan Informasi Pertanian Di-hari yang Fitri

Baca Juga

POTRET PERTANIAN -Selamat Pagi sahabat POTRETPERTANIAN.com dimanapun berada, Hari ini Jum’at 22 Juni 2018 tepat H+8 Perayaan Hari Raya Idhul Fitri 1439 Hijriah, yang pasti masih suasana lebaran, pada kesempatan ini Admin Mohon Maaf Lahir Batin kepada sahabat POTRETPERTANIAN.com Jika selama sembilan tahun mengasuh website sederhana ini ada hal-hal yang tidak berkenan dalam penyajian artikel di setiap postingan yang saya tayangkan di sini.
 
Potret pertanian yang kami asuh ini bertujuan sebagai Media Berbagi Solusi dan Informasi dibidang Pertanian yang kami harap dapat bermanfaat bagi kemajuan Pertanian kususnya sehingga dengan majunya pertanian yang menyangga hajat hidup manusia dalam mempertahankan pangan sehingga tercapai kehidupan yang sejahtera aamiin.
 
Langkah kecil ini saya dedikasikan sebagai wujut kepedulian saya bersama rekan-rekan dalam dunia pertanian yang terus berkembang sesuai dengan perubahan jaman yang penuh dengan polemik disegala sudut kehidupan manusia. 

Pertanian di Indonesia saat ini dihadapkan pada berbagai perubahan dan perkembangan lingkungan yang sangat dinamis serta persoalan-persoalan mendasar seperti meningkatnya jumlah penduduk; tekanan  globalisasi dan  permintaan pasar; pesatnya kemajuan teknologi dan informasi; makin terbatasnya sumberdaya lahan, air dan energi; perubahan iklim global; perkembangan dinamis sosial budaya masyarakat; kecilnya status dan luas kepemilikan lahan; masih terbatasnya kemampuan sistem perbenihan dan pembibitan nasional, terbatasnya akses petani terhadap permodalan; masih lemahnya kapasitas kelembagaan petani dan penyuluh; masih rawannya ketahanan pangan dan energi; masih rendahnya nilai tukar petani dan kurang harmonisnya koordinasi kerja antar sektor terkait pembangunan pertanian maka pembangunan pertanian ke depan menghadapi banyak tantangan.
 
Pentingnya Informasi dibidang pertanian dalam menghadapi persoalan diatas, meskipun Admin menyadari kurangnya pengetahuan, ilmu dan pengalaman yang kami punyai menjadi kendala terbesar dalam menyampaikan informasi, baik dari segi bahasa, tata cara yang kadang tidak sesuai dengan ketentuan yang ada, saya berharap kepada sahabat semua untuk dapat memaklumi dan dapat menerima dengan segala kekurangan kami dengan demikian kami mengharapkan bantuan bagi semua untuk ikut serta berbagi disini semua pihak terkait dapat saling bertukar informasi mengenai bidang pertanian.

Dengan demikian artinya kita akan membuka peluang yang sangat besar untuk saling mengedukasi melalui pertukaran informasi yang dibutuhkan berdasarkan pengalaman di lokasi masing-masing. Proses ini menjadi semakin genap karena mengintegrasikan informasi dari kalangan praktisi, akademisi, maupun birokasi.  dengan adanya saling berbagi solusi dan informasi, tentunya petani dapat mengantisipasi dan mengoptimalkan budidaya tanaman berdasarkan pertimbangan dari informasi tersebut.

Melalui semangat gotong royong, rasanya tak berlebihan jika kita dapat menjadi kontributor dalam ketersediaan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia yang berkelanjutan di era digital. Dari kita, untuk kita, menuju pertanian Indonesia yang lebih baik.
 
Dari itu saya Admin dan rekan-rekan sukarelawan berharap banyak masukan, kritik dan saran demi kamajuan POTRETPERTANIAN.com sehingga apa yang menjadi tujuan dan harapan kami dapat terlaksana untuk ikut serta membangun pertanian yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang.
 
Admin juga menghimbau kepada seluruh lapisan masarakat yang mempunyai pengalaman dibidang pertanian untuk bisa membagikan pengalamanya kepada sahabat petani diseluruh penjuru tanah air kususnya dan diseluruh dunia, Terlebih kepada sahabat saya yang memang bertugas sebagi pengawal petani, mulai dari dinas pertanian, kelompok-kelompok tani untuk bisa berbagi disini menceritakan pengalaman, tips dan trik dalam pertanian yang dimiliki sehingga dapat berguna bagi siapa saja yang membutuhkan.
 
Mari berbagi Solusi dan Informasi karna ilmu ketika kita bagi tak akan berkurang, sehingga bisa jadi solusi bagi sahabat petani yang lainya, sehingga informasi tersebut akan menjadi amal baik bagi kita semua aamiin.
 
SELAMAT HARI RAYA IDULFITRI 1439 HIJRIAH 2018, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN, Salam bergai selalu dari POTRETPERTANIAN.com.(Admin)
Rekomendasi Untuk Anda × +