Jumat, Juli 13, 2018

Cara Paling Ampuh Agar Hasil Cangkokan Cepat Berakar

Baca Juga

POTRET PERTANIAN - Banyak cara untuk memperbanyak tanaman, salah satunya adalah mencangkok, Mencangkok merupakan jenis perbanyakan tanaman melalui batang atau dahan tanaman sehingga hasil dari cara tersebut tidak akan berubah dari batang induknya, dan yang lebih membuat menariknya untuk sistem ini adalah hasil cangkokan akan cepat berbuah dibandingkan memperbanyak tanaman menggunakan sistem generatif.

Mencangkok biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berakar biasanya 1 sampai 2 bulan. Untuk mempersingkat waktu tumbuhnya akar hasil cangkokan, kita bisa lakukan beberapa tips yang mudah sederhana dan praktis. Pada kesempatan kali ini dasar pertanian akan memberikan sedikit tips dan cara agar hasil cangkokan cepat berakar.  

Biasanya orang kalau ingin mempercepat pertumbuhan akar pada hasil cangkokan selalu menggunakan Zat Pengatur Tumbuhan Akar atau disingkat ZPTA.   Namun pada kali ini kita tidak memerlukan zat pengatur tumbuhan tersebut, kita hanya menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita yang ada di sekeliling rumah kita dan yang ada di dalam rumah kita.

Penasaran dengan cara alami ataupun bahan alami yang bisa untuk mempercepat pertumbuhan akar, makanya terus baca artikel ini sampai habis. Baiklah langsung saja kita masuk pada inti artikel kali ini yaitu
Tips Agar Hasil Cangkokan Cepat Berakar

. Adapun tips agar cangkokan cepat berakar secara alami adalah sebagai berikut :
 
1. Menggunakan Bawang

Cara agar hasil cangkokan cepat berakar yaitu kita gunakan bawang, baik bawang putih ataupun bawang merah. Bawang putih maupun bawang merah sangat bagus sekali jika kita gunakan sebagai media ataupun alat untuk mempersingkat pertumbuhan akar pada cangkokan yang kita lakukan.  Selain itu manfaat bawang putih pada cangkokan adalah untuk mencegah terkontaminasinya cangkokan dengan bahan kimia. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan hanya mengoleskan bawang merah ataupun bawang putih pada sayatan yang sudah kita buat.   Jadi sebelum hasil sayatan tadi kita bungkus dengan tanah sebaiknya kita olesi dengan bawang merah atau bawang putih.
 
2. Menggunakan Campuran Air Garam

Biasanya kita seringkali menggunakan media cangkokan itu seperti campuran tanah pupuk dan kadang-kadang juga kita menambahkan pasir.  Selain itu sebenarnya kita bisa menambahkan campuran air garam supaya hasil cangkokan lebih cepat tumbuh akar nya. Tahukah anda bahwa manfaat air garam ini pada hasil cangkokan, lebih-lebih pada musim kemarau. Jika musim kemarau kita tidak perlu melakukan penyiraman karena garam dapur akan mampu menyerap uap air dalam udara pada sekeliling cangkokan. Cara penggunaannya cukup mudah seperti biasa kita mencampur bahan-bahan tanah pupuk dan tinggal kita tambah dengan sedikit campuran air garam.
 
3. Menggunakan Larutan Gula dan Cuka

Selain dengan menggunakan kedua tehnik di atas, kita juga bisa menggunakan cara yang ketiga yaitu dengan larutan gula dan cuka. Caranya adalah dengan membasahi media tanah tadi dengan air gula dan cuka. Untuk teknik yang ketiga ini memang kurang disarankan karena memiliki beberapa kelemahan yaitu tingkat keasaman tanah itu cukup tinggi sehingga semut sangat suka dan nanti dia akan datang sehingga menjadi pengganggu pertumbuhan akar pada cangkokan kita.

Itulah beberapa Tips Agar Hasil Cangkokan Cepat Berakar, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.udah-mudahan dengan adanya tips sederhana
Rekomendasi Untuk Anda × +