• Breaking News

    Tentang Saya Prsetyo Budi, POTRET PERTANIAN

    POTRET PERTANIAN - Saya hanya seorang anak Petani yang punya kegemaran Menulis, Menulis apa saja yang saya Tulis, saya sadar tulisan saya jauh dari kata baik sih, tapi hal itu tak membuat saya minder dan mengurungkan diri untuk membuat tulisan dari apa yang saya lihat, saya dengar pokoknya apa saja yang saya dapatkan dilapangan atau dimana saja.
     
    Barangkali Profesi yang saya geluti saat ini jauh melenceng dari apa yang saya dapat dibangku kuliah yang sampai saat ini sedang berada diujung tanduk, juga sebagai seorang anak petani yang seharusnya juga terjun sebagai seorang petani.
     
    Keseharian saya atau profesi yang saya geluti saat ini adalah Wartawan dari sebuah media Online, selain dilapangan berpacu dengan waktu untuk mendapatkan berita apasaja yang bisa diterbitkan dimedia tempat saya bekerja, saya selalu menyempatkan diri untuk terus komitmen membangun website saya pribadi yang bertema Potret Pertanian yang saya buat dari tahun 2009 lampau dengan terus menulis dan Update berita atau trik dan tips didunia pertanian untuk terus berbagi Solusi dan Informasi dibidang pertanian, sebagai sumbangsih kecil yang saya berikan untuk membangun pertanian dinegara yang kita cintai ini, dan sebagai wujud kecintaan saya sebagai seorang anak petani.
     
    Sesungguhnya jiwa dan dasar basic saya adalah petani,bahkan dalam hal kuliah saya mengambil Jurusan Pertanian atau Agroteknologi di Universitas Tamansiswa Padang,  namun keadaan yang membuat saya saat ini belum bisa menggeluti profesi yang mulai itu menjadi seorang petani.
    Saya terlahir disebuah desa kecil di Ujung Sumatera, tepatnya di daerah lampung Timur desa Manggarawan Udik Way Jepara, barangkali sahabat Potret pernah terdengar tentang Gerakan Mujahidin tempo dulu, sekitar tahun 1989, tidak jauh dari tempat saya tinggal bascamp kelompok tersebut, yang membuat saya bersama keluarga dan orang-orang dikampung kala itu merasa tercekam kala malam tiba, Alhamdulilah kejadian itu tak berlangsung lama dan pemerintah berhasil memberantas kelompok tersebut dari bumi Indonesia yang kita Cintai Ini.
    He he jadi Curhat sejarah ya ha ha...
     
    Singkat Cerita saya Dulu juga Bersekolah di SD 2 Balam Asri, lulus dan melanjutkan sekolah di SMP Negeri Buko Poso dan SMA 1 Way Serdang Lampung Utara. Dari kecil saya mempunyai hobi menggambar dan membuat Komik, dari SMP dan SMA saya kala itu sudah bekerja sama dengan Teman sekelas saya Namanya Eksan Hendrianto, Bersama dia saya berhasil membuat sebuah komik yang berjuduk “Pendekar Andi Saku” sampai 40 Episode. Yang kala perpisahan SMA dulu kebetulan Selokal saya berjumlah 40 orang dan buku itu semua saya kepada teman-temansaya, yang sekarang jadi penyesalan saya tak satupun ada kopianya buat saya, kok enggak terpikir dulu dipoto kopi ya, he he he..
     
    Sayang kala itu saya hidup didesa jauh dari teknologi dan pengetahuan yang bisa membuat komik-komik saya tetap bisa saya baca dan lihat-lihat lagi, andai saja dulu sudah ada warnet mungkin bisa saya saya scan dan apalud di websete atau Fecebook. Sebenarnya saya beberapa tahun lalu ketika pulang kampung berinisiatif menemui teman-teman saya untuk menanyakan siapa tau masih ada yang menyimpanya, tapi hasilnya nihil.
     
    Lanjut cerita, begitu lulus sekolah kala itu bingung mau ngapain, besar harapan hati ingin melanjutkan kesebuah perguruan tinggi dikota, tapi apa daya ingin memeluk gunung tapi tangan tak sampai, istilah dari orang tua saya kala itu “Ati Karep Bondo Cupet” (Punya keinginan untuk meraih pendidikan yang tinggi apa daya tak ada materi untuk mencapainya), ahirnya saya melamar kerja disebuah perusahaan perkebunan Tebu, PT. SIL, Nasib baik buat saya yang diterima sebagai tenaga Riset bagian Quality Control.
     
    Hampir 1 tahun saya bekerja disana untuk mengumpulkan uang untuk bisa melanjutkan pendidikan, tak banyak sih saya kumpulkan sehingga saya ahirnya bisa belajar disebuah kursus komputer didaerah Metro selama 1 tahun yang maksud saya dengan keahlian atau ilmu  tersebut saya bisa kekota sambil bekerja untuk bisa kuliah di Universitas Idaman saya UNILA.
     
    Dengan sedikit sisa uang yang saya miliki saya ahirnya memberanikan diri untuk kekota Tanjung Karang, dan mencoba keberuntungan untuk mendaftar di UNILA, alhamdulilah dengan penuh rasa bangga saya diterima disana, Tapi Mujur tak bisa diraih Malang takbisa ditolak, ketika mas Ospek saya bertemu dengan teman teman yang ahirnya tinggal satu kos bersama mereka, Dua hari saya Ospek teman sekos saya terlibat pertengkaran dan mengeroyok senior yang dinilai.
    Tak terima dikeroyok teman-temanya senior kami dikampus tersebut mendatangi Kos kami malam itu dengan membawa banyak dua kompi pasukan tempur, hi hi hi kayak pelem Gangster kan wkwkwkw....
     
    Kami satu kos ahirnya tunggang langgang menyelamatkan diri dan tak berani lagi menunjukan batang hidung kami, jangan kan ke kampus kekos untuk mengambil pakaian kami pun tak berani, ahirnya saya dan teman-teman mengutuskan untuk pulang kampung, dan putuslah harapan saya, tapi bagaimana lagi nasi sudah jadi bubur.
     
    Beberapa bulan dikampung datang seorang teman yang menawarkan kerjaan di Sumatera Barat atau daerah Padang, tanpa berfikir panjang saya iyakan dan dua hari kemudian saya berangkat untuk mengadu nasib di sebuah kota kecil di Alahan Panjang Solok menjadi seorang kuli dikios pertanian di daerah Teratak Pauh, beberapa tahun saya bekerja menjadi seorang kuli panggul, kuli antar pupuk alias bahasa ngetrenya adalah Pelayan Toko, ahirnya ada seorang bos yang berbaik hati untuk mengambil saya dan dijadikan seorang Spotwoker atau tenaga Promosi Produk pestisida dilapangan, Tugas pertama saya di daerah Batu sangkar...............Berambung.!

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad