Rabu, Juli 11, 2018

Wisata Relegi di Palembang Sumatera Selatan

Baca Juga

POTRET PERTANIAN - Kota Palembang yang berada di bagian selatan pulau sumatera atau yang disebut Sumatera Selatan, Palembang adalah ibukota dari provinsi Sumatera Selatan dan merupakan kota terbesar kedua di Pulau Sumatera. Dulunya, Palembang terkenal dengan keberadaan kerajaan Sriwijaya, kerajaan Buddha yang paling besar di Asia Tenggara.

Selain terkenal dengan pempeknya, Palembang juga mempunyai potensi wisata yang tidak kalah dengan kota lainnya di Sumatera. apa yang terlintas dalam benak kita, ketika mendengar kata Kota Palembang ? Jembatan Ampera, atau Sungai Musi, Pulau Kemaro, Taman Hutan Wisata Punti Kayu, Benteng Kuto Besak, Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin, Taman Kambang Iwak, Gelora Sriwijaya, Air Terjun Lematang Indah, Masjid Cheng Ho.

Dari beberapa pilihan tempat berwisata di Palembang, saat ini Pemerintah Sumatera Selatan mengembangkan lokasi wisata religi di bantaran Sungai Musi, Palembang. Pengembangan wisata religi ini sekaligus menyambut Asian Games 2018.

"Saat ini sudah mulai pembenahan Kampung Kapitan, Kampung Arab Al-Munawar, kawasan 1 Ulu, 10 Ulu, dan 34-35 Ilir. Di Kampung Arab dibangun sebuah dermaga berbahan kayu yang persis menghadap sungai," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Irene Camalyn di Palembang, Senin (29/8).
Ia mengemukakan, beberapa waktu lalu sudah dilakukan sosialisasi ke warga kampung Al Munawar terkait rencana pemerintah menjadikan lokasi wisata religi.

Selain itu, pemerintah juga telah merencanakan perbaikan jalan, saluran air, dan pembangunan fasilitas toilet umum, gerai tekstil kain khas Palembang, dan lainnya.

Terkait dengan pembangunan infrastruktur ini, Disbudpar Sumsel sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumsel, dan instansi terkait lainnya.
"Pada 2016 fokus untuk memunculkan ide kreatif mengenai wisata apa saja yang akan ditampilkan, nanti pada 2017 baru mulai eksekusi karena sudah ada penganggaran dananya seperti untuk infrastruktur dan promosi," kata dia.
Pemerintah Kota Palembang fokus mengembangkan wisata sungai untuk memanfaatkan peluang menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 tahun 2018.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Palembang M. Safri Nungcik mengatakan pemkot fokus membenahi Pulau Kemaro yang sudah menjadi destinasi unggulan di Kota Palembang.

"Setelah Pulau Kemaro, baru bergeser ke seluruh destinasi yang ada di pinggir Sungai Musi seperti Kampung Kapiten, Kampung Arab Al Munawar, dan beragam destinasi bersejarah seperti masjid Lawang Kidul dan Masjid Ki Merogan," kata Safri.

Ia mengemukakan untuk mengembangkan wisata sungai ini, pemkot bekerja sama dengan pemprov terkait dengan perbaikan infrastruktur jalan hingga fasilitas umumnya.

"Jika bicara pariwisata maka tidak lepas dari infrastruktur dan pemkot melihat hal ini yang menjadi persoalan mengapa pariwisata kurang berkembang bila dibandingkan daerah lain. Ke depan, pemkot juga merencanakan adanya transfortasi sungai atau bus sungai menuju lokasi wisata tersebut," kata dia.

Upaya ini sangat penting mengingat peluang Kota Palembang untuk tumbuh lebih pesat melalui pariwisata ini sangat terbuka mengingat di Indonesia belum ada kota yang fokus menggarapnya.

Kota Palembang memiliki potensi luar biasa karena merupakan salah satu kota tertua di Indonesia dan memiliki beragam jenis wisata, seperti kuliner, belanja, religi, sejarah dan alam.
Rekomendasi Untuk Anda × +