Kamis, Agustus 16, 2018

Balitbang Kembali Buka Bursa Hewan Qurban (BHQ) KE-19

Baca Juga

POTRET PERTANIAN, BOGOR - Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1439 H, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bogor Dinas Pertanian Kota Bogor menyelenggarakan Bursa Hewan Qurban (BHQ) yang tahun ini telah menginjak pada tahun ke-19. Kegiatan BHQ ini merupakan kegiatan reguler yang diadakan setiap tahun sejak diinisiasi tahun 2000, dimana kegiatan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Hari Besar Keagamaan Idul Adha 1439 H (11/8/2018).

Tujuan dilaksanakannya BHQ merupakan perwujudan dari fungsi sosial Balitbangtan kepada masyarakat luas, khususnya bagi warga kota Bogor, dalam penyediaan hewan qurban yang memenuhi syariat Agama Islam. Kegiatan ini juga merupakan salah satu hasil inovasi Balitbangtan dalam memberikan pembinaan kepada peternak/pedagang dan konsumen melalui peningkatan wawasan terhadap jaminan kesehatan hewan qurban yang diperjual-belikan. Berbagai informasi terkait dengan pelayanan pemeriksaan kesehatan ternak, sosialisasi tata cara pemotongan dan penanganan hewan qurban yang menganut azas kesejahteraan hewan akan dilaksanakan selama BHQ ini berlangsung.

Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Bogor beserta jajarannya dan juga Dandim, Danrem, Kapolresta Bogor serta pejabat lingkup Balitbangtan. Dalam sambutannya Kepala Dinas Pertanian Kota Bogor Drs. Irwan Riyanto, MSi menyampaikan sudah selayaknya membeli hewan qurban di tempat yang sudah di fasilitasi oleh pemerintah.  Terdapat dua lokasi di Bogor yang difasilitasi dengan pemeriksaan kesehatan hewan yaitu di Puslitbangnak dan di Rumah Potong Hewan (RPH).

Acara dibuka oleh Kepala Balitbangtan dalam hal ini diwakili oleh Kepala Puslitbangnak Dr. Atien Priyanti meyampaikan kegiatan ini adalah wujud sosial memfasilitasi penjualan hewan qurban sehingga tidak menjual hewan qurban di jalan protokol dan mengedukasi peternak penjual dan menciptakan rasa aman dalam berqurban yang memenuhi syariat agama islam.

Sinergi Puslitbangnak dengan Dinas Pertanian Kota Bogor dalam hal pelayanan kesehatan hewan dapat terus berlangsung. Peneliti dan medik veteriner Balitbangtan dari Balai Besar Penelitian Veteriner terlibat penuh selama 24 jam dengan jadwal piket yang telah ditetapkan. Puslitbangnak melalui Lolit Sapi Potong sudah menghasilkan sapi Peranakan PO dan domba Compass Agrinak dari Balai Penelitian Ternak (Balitnak), dan Kambing Boerka (Lolit Kambing Potong).

Dalam acara pembukaan sebagai apresiasi kepada peternak, Balitbangtan diwakilili oleh puslitbangnak memberikan 2 ekor domba Barbados kepada peserta terpilih yaitu UD Puteri Kembar dan UD Dahlia sebagai apresiasi keikutsertaan dari awal kegiatan BHQ. (REP/PPK)
Rekomendasi Untuk Anda × +