Sabtu, Agustus 18, 2018

Hadapi Musim Kemarau Petani NTT Di Himbau Untuk Menam Palawija dan Holtikultura

Baca Juga

POTRET PERTANIAN - Hadapi Musim Kemarau Petani NTT Di Himbau Untuk Menam Palawija dan Holtikultura, KEPALA Dinas Pertanian Nusa Tenggara Timur (NTT) Yohanes Tay mengimbau petani yang terkena imbas kekeringan, tidak menanam padi.

Sebaiknya petani menanam palawija dan hortikultura karena tidak membutuhkan banyak air jika dibandingkan dengan tanaman padi. Tanaman yang dianjurkan seperti jagung, singkong, kacang hijau, wortel, talas, kacang panjang, dan umbi-umbian.

"Kita juga minta petani memaksimalkan pompa air yang sudah didistribusikan sebelumnya terutama di persawahan yang mengalami kekurangan air," kata Yohanes Tay di Kupang, Jumat (3/8). 

Tahun lalu, Dinas Pertanian NTT membagikan 325 pompa kepada petani untuk menghadapi krisis air akibat kekeringan.

Dia menyebutkan selama dua hari terakhir hujan turun secara sporadis beberapa wilayah di NTT, namun petani diminta menanam padi karena hujan hanya terjadi dalam waktu pendek. 

"Yang dilakukan ialah memaksimalkan air di irigasi untuk mengairi tanaman," katanya.

Sesuai laporan Stasiun Klimatologi Lasiana Kupang, kekeringan ekstrem melanda beberpa desa yang terbesar di 11 kabupaten dari 22 kabupaten dan kota di NTT. Kekeringan ekstrem terjadi karena hujan tidak turun lebih dari 60 hari. 

Tujuh kabupaten yang wilayahnya dilanda kekeringan yakni Ende, Sikka, Sumba Barat, Belu, Kupang, Manggarai, Kota Kupang, Nagekeo, Lembata, Rote Ndao dan Sumba Timur.

Di Kota Kupang, kekeringan ekstrem berdampak terhadap distribusi air dari perusahaan daerah air minum (PDAM) ke rumah penduduk seperti terjadi di Kelurahan Manutapen. Warga yang menderita krisis air, membeli air tengki yang dijual pengusaha seharga Rp70.000 per 5.000 liter.

Debora, warga Kelurahan Manutepen mengatakan saat krisis air tahun lalu, harga air tengki sempat melonjak sampai Rp10.000 dan Rp120.000 per tengki ukuran 5.000 liter. Hal itu terjadi jika krisis air yang dialami warga meluas. (OL-3)
Rekomendasi Untuk Anda × +