Rabu, Agustus 29, 2018

Launching Benih dan Pencanangan Nagari Inovasi di Balitbu Tropika

Baca Juga

Poto Dokumant BPTP Smbar
POTRET PERTANIAN - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyerahkan bantuan benih tanaman buah, pangan dalam rangka pencanangan nagari inovasi di Balitbu Aripan, Kab. Solok, Selasa (28/8/2018).

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat dan Balai Penelitian Buah Tropika (Balitbu Tropika) pada tahun 2018 melaksanakan kegiatan Perbenihan Tanaman Buah, Pangan dan Perkebunan diantaranya Benih Durian, Manggis,KopiArabica,Jengkol,Kakao,Petai,Jeruk, Kentang,Salak dan Pisang.
Gubernur Sumbar yang terkenal dengan Pantun nya itumengungkapkan apresiasi dan terimakasih kepada Kementerian Pertanian dalam hal ini Balitbangtan yang telah menyerahkan bantuan benih bagi masyarakat Sumatera Barat, "Sumatera Barat merupakan daerah agraris yang tanahnya sangat subur, tetapi sejauh ini masyarakat kita baru memanfaatkan lahan tanah yang datar untuk ditanami. Dengan adanya bantuan benih dari Balitbangtan ini bisa memenuhi kebutuhan untuk menanami lahan yang miring atau lahan yang belum dimanfaatkan" ungkapnya. 

Lebih lanjut Gubernur menyampaikan, setelah pembagian benih ini harus terus di kawal supaya petani penerimanya bisa merasakan manfaat ekonomi dari benih tanaman yang dibagikan. Tak hanya itu, ia juga menekankan kita harus terus berinovasi dan berbisnis agar usaha bisa efektif, efisien dan bermanfaat. "kita berharap Balitbangtan terus berinovasi dalam memajukan pertanian,jika tidak maka kita akan terlindas" dan melalui BPTP terus mengembangkan hasil hasil penelitian dengan sumberdaya lokal sehingga bisa kita kembangkan di Sumatera Barat. Selain itu Irwan Prayitno juga menyampaikan pesan Bupati Agam yang berharap tak hanya benih tanaman buah  tetapi juga benih kelapa, karena masyarakat Sumatera Barat sangat tinggi konsumsi kelapa, hampir semua masakan khas Minang terutama Rendang itu membutuhkan Bahan Baku kelapa yang cukup banyak.

Sementara itu, Ka Badanlitbang yg diwakili oleh Kapus litbang horti Dr. Hardianto, MSc menyampaikan bahwa Balitbangtan secara masiv memproduksi benih untuk dibagikan secara cuma cuma kepada masyarakat melalui BPTP dan Balitbu. Nah setelah Benih kami bagikan kami berharap Dinas dan petugas terus mendampingi dan mengawal petani kita hingga benih itu benar benar ditanam dan di rawat dengan baik" Mantan Kepala BPTP Sumbar itu juga berharap Kegiatan Padu-Padan Balitbangtan dengan Pemprov dan Pemda dalam  Launching Benih dan Pencanangan Nagari Inovasi ini bisa diikuti oleh propinsi propinsi lain di Indonesia, sehingga antara Pusat dan Daerah bisa bekerjasama dan bersinergi dalam membangun pertanian di daerah.

Sekda Kab Solok, juga menyampaikan apresiasi nya kepada Kementan dan Pemprov atas penyerahan benih kepada petani, semoga kerjasama ini tak hanya sampai disini, pungkasnya.

Pada kesempatan itu juga diadakan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba buah alpukat dan penyuluh pemenang lomba LTT dengan Sistem Jarwo yang diserahkan kepada Eri Dalifto, penyuluh Nagari Sumani Kec. X Koto Singkarak Kab. Solok, Novri Yeni Lubis Penyuluh Desa Rantih Kec. Talawi Kota Sawahlunto dan Wira Safitri, S.Pt Penyuluh Nagari Sako Selatan Pasia Talang Kec. Sungai Pagu Kab. Solok Selatan. 
Rekomendasi Untuk Anda × +