Rabu, Agustus 22, 2018

Masjid Raya Baiturrahmah Padang Sumatera Barat

Baca Juga

POTRET PERTANIAN - Masjid Baiturahmah. Masjid yang terletak di Jalan By Pass KM.15, Aie Pacah, Koto Tangah, Kota Padang itu, memang sangat baru ada di Kota Padang. Penggunaannya pun baru digunakan untuk salat tarwih pada Ramadan 1438 Hijriyah kemarin. Sementara yang meresmikan Masjid Baiturrahmah itu ialah Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pada 15 Juli 2017 lalu.

Pada paresmiannya tersebut, Ketua Dewan Masjid Indonesia itu menyatakan bahwa Masjid Baiturrahmah sangat identik dengan masjid-masjid yang ada di Timur Tengah, sehingga keberadaan masjid itu bisa menjadi tempat wisata religi bagi masyarakat sekitar, atau masyarakat umum lainnya. Jusuf Kalla juga sangat mendukung pembangunan-pembangunan masjid yang ada di Indonesia, karena dengan banyaknya pertumbuhan masjid, maka akan meningkatkan ketaqwaan terhadap Yang Maha Esa.

Masjid yang berada di lingkungan Universitas Baiturrahmah dan juga Rumah Sakit Islam Siti Rahma itu, arsitekturnya memang tidak identik dengan begonjong, akan tetapi Masjid Raya Sumatera Barat lebih identik dengan masjid-masjid yang ada di Timur Tengah, yang identik dengan kubah dan berwarna putih. Akan tetapi, apabila di malam hari Masjid Baiturrahmah akan terlihat lebih indah, karena disekeliling bangunan masjid menggunakan lampu penerang berwarna hijau. Suasananya pun terasa menyejukan mata dan hati, karena tak perlu memandang dari dekat, dari jauhpun cahaya lampu penerang yang berwarna hijau itu sudah mencolok.

Kehadiran Masjid Baiturrahmah ini, tidak hanya membuat masyarakat disekitar masjid merasa senang dan bersyukur, karena telah hadirnya masjid yang megah. Akan tetapi juga telah menjadi wisata religi, karena keindahannya dan keunikan dari Masjid Baiturrahmah. Apalagi saat Anda berada di dalamnya, udara di dalam sungguh terasa segar dan sejuk, karena masjid itu menggunakan AC/ruang pendingin. Sembari bersujud, arsitektur di dalam masjid pun sungguh terlihat mewah, dan akan membuat Anda menjadi betah untuk beribadah, saat berada di dalam Masjid Baiturrahmah.
Rekomendasi Untuk Anda × +