Sabtu, Agustus 11, 2018

Mentan Hadiri Grand Launching Taman Teknologi Pertanian (TTP) Gresik

Baca Juga

POTRET PERTANIANMentan Grand Launching Taman Teknologi Pertanian (TTP) Gresik, Rombongan tamu yang terdiri dari wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dr. Vivayoga Mauladi, Gubernur Jawa Timur Pakde Karwo, Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin, Kasdam V/BRW Brigjen TNI Widodo, Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. M Syakir, dan kalangan swasta yaitu Direktur PT Polowijo Gosari, Direktur PT Petrokimia Gresik, Direktur PT Bulog menghadiri Grand Launching Taman Teknologi Pertanian (TTP) Gresik yang berlokasi di desa Sukodono, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik (8/8/2018). Demikian juga para Kepala Dinas lingkup Provinsi Jawa Timur, para kelompok tani dan penyuluh di wilayah Gresik dan sekitarnya, serta para praktisi pertanian terkait tidak luput berpartisipasi dalam acara tersebut.

Acara dihadiri oleh Menteri Pertanian, Dr. Ir. Andi Amran Sulaeman. Dalam sambutannya, Menteri optimis terhadap pertanian Indonesia karena pertanianlah yang menjadi penopang terbaik dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Untuk itu komoditas strategis seperti jagung, bawang merah, dan hortikultura harus dikembangkan inovasi teknologinya agar menjadi tumpuan pertanian Indonesia.

TTP Gresik merupakan kawasan seluas 10 hektar milik Pemerintah Kabupaten Gresik yang digadang akan menjadi kawasan taman teknologi pertanian terpadu dan terintegrasi dengan embung Sukodono seluas 39,7 hektar sebagai lumbung air, dan akan menjadi pusat inovasi teknologi pembibitan tanaman hortikultura khususnya mangga off-season dan peternakan sapi potong beserta pengembangan teknologi pakan ternaknya.

Uniknya, TTP Gresik mampu mensinergikan beberapa elemen, antara lain swasta, pemerintah, peneliti dan petani untuk mengembangkan pertanian hortikultura di kawasan tersebut. Hal ini sejalan dengan sambutan yang dikemukaan oleh Direktur PT Polowijo Gosari, Bpk. Arifin, bahwa TTP Gresik akan menjadi TTP Plus, yang lengkap stakeholdernya, dimana didalamnya ada keterlibatan antara pengusaha, pemerintah, akademisi, dan petani sekitar berjumlah 30 ribu orang. Selanjutnya, lahan 10 hektar ini diharapkan menjadi tempat pembelajaran akademisi kedepan mengingat akan dibangun universitas di kawasan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, rombongan melihat lahan penanaman mangga seluas 6 hektar dan mendapatkan penjelasan tentang teknologi pembibitan mangga oleh peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur, Dr. Sudarmadi Purnama. Selanjutnya dilakukan penanaman pohon mangga secara simbolis, melihat kandang komunal sapi dan fasilitas pengolahan pakannya, serta mengunjungi pameran produk pertanian dari PT petrokimia gresik, BPTP Jawa Timur, Konsorsium Sapi Potong, dan instansi terkait di sekitar kawasan TTP Gresik.

"TTP Gresik merupakan bukti komitmen pemerintah untuk memajukan pertanian melalui inovasi teknologi hasil pertanian spesifik lokasi" ujar Dr. Vivayoga. Beliau juga menyampaikan selamat kepada petani yang merupakan pahlawan pertanian, dan TTP Gresik akan menjadi sarana untuk mengembangkan usaha pertanian mereka.  Gubernur Jawa Timur Pakde Karwo juga menyampaikan pesan agar kiranya petani dapat memanfaatkan fasilitas di TTP Gresik untuk meningkatkan hasil pertaniannya, sesuai dengan kearifan lokal wilayah tersebut.

Sebagai pamungkas acara Grand Launching tersebut adalah penandatanganan penyerahan Taman Teknologi Pertanian dari Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Dr. Ir. Muhammad Syakir, kepada Bupati Gresik dan penandatanganan prasasti Taman Teknologi Pertanian oleh Menteri Pertanian. Bibit buah-buahan dan ternak juga diserahkan Menteri Pertanian secara simbolis kepada petani lingkup Kabupaten Gresik. Ketua DPR RI, Ir. Bambang Susatyo, berkenan hadir untuk meninjau TTP Gresik yang telah diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Gresik pada sore harinya.

Dengan diserahkanya TTP Gresik kepada pemerintah daerah diharapkan TTP Gresik  semakin berkembang dan memiliki ciri khas yang membanggakan dengan kegiatan yang berkelanjutan, serta memberikan manfaat khususnya bagi petani wilayah Gresik. (nap)
Rekomendasi Untuk Anda × +