• Breaking News

    Pengertian Pupuk dan Jenis Pupuk Pertanian

    POTRET PERTANIANPengertian Pupuk dan Jenis Pupuk Pertanian, Zaman Now masih ada yang belum tau dengan yang namanya Pupuk !.. Sungguh keteerlaluan, ha ha ha... Pupuk Itu adalah saudaranya Petani yang setiap saat membantu petani dalam menghasilkan produk pertanian. ha ha ha.. intermezo sebentar, jangan tegang takutnya cepet tua ya sahabat pertanian.

    Sahabat Potret Pertanian, kali ini saya akan membahas tentang pengertian pupuk, pasanya tadi malam mendapatkan Email dari sahabat Potret Pertanian yang memberi saran untuk membahas tentang Pupuk, dalam beberapa postingan terdahulu sudah Potret Bahas, tapi pembahasan kali ini sekedar untuk mengingatkan bagi sahabat semua dan untuk mereview supaya tidak lupa dengan ilmu-ilmu pertanian yang pernah dosen saya jelaskan dikampus zaman Old.

    Pupuk sering kita temui didunia pertanian, apapun bentuk pertanian biasanya tidak lepas dengan yang namanya Pupuk, Pupuk dapat berbentuk Cair, Atau disebut Pupuk Cair, Pupuk Padat, Pupuk Organik dan Juga Pupuk Anorganik,  Nah sebelum kita membahas lebih jauh alangkah baiknya jika kenalan terlebih dahulu dengan yang namanya Pupuk.

    Apa itu pupuk? Apa yang dimaksud dengan pupuk? Secara umum pengertian pupuk adalah material organik maupun material anorganik yang mengandung zat hara yang ditambahkan pada media tanam atau tanaman untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tanaman dengan tujuan untuk memaksimalkan pertumbuhan dan produktifitas.

    Sebenarnya keberdaan pupuk ini sudah ada dalam tanah dalam bentuk hara, antaralain C, H, O , N, P, K, Ca, Mg, S, Fe, Mn, Cu, Zn, Cl, Mo, B. Akan tetapi keberadaan hara tersebut semakin lama akan berkurang seiring proses budidaya yang dilakukan oleh petani, oleh karna itu perlu adanya penambahan pupuk dalam tanah untuk memaksimalkan produksi dan kualitas hasil pertanian.

    Pupuk terbagi menjadi dua kebutuhan, yang dapat disebut Unsur Hara Pupuk Makro dan Unsur hara Mikro, kebutuhan unsur hara makro, sesuai dengan namanya kebutuhanya lebih banyak dibanding dengan unsur hara mikro.

    Apa saja yang dinamakan unsur hara Makro ?, unsur hara Makro terdiri dari :
    Unsur hara Makro : N (Nitrogen), P (Phospor), K (Kalium), Ca (Kalsium), Mg (Magnesium), dan S (Sulfur/belerang). 

    Unsur hara Mikro meliputi ; B (Boron), Cu (Tembaga), Zn (Seng), Fe (Besi), Mo (Molibdenum), Mn (Mangan), Cl (Khlor), Na (Natrium), Co (Cobalt), Si (Silicone),Ni (Nikel).


    Sedangkan pupuk dapat dibedakan menjadi dua  Berdasarkan proses pembuatannya Pupuk Alam dan Pupuk Buatan.  Pupuk Alam Adalah Pupuk yang didapat langsung dari alam, contohnya fosfat alam, pupuk kandang, pupuk hijau, kompos.

    Jenis Pupuk alam biasanya disebut sebagai pupuk organik karena merupakan hasil proses dekomposisi dari material mahluk hidup seperti, sisa tanaman, kotoran ternak, dan lain-lain.

    Pupuk Buatan adalah Pupuk  yang dihasilkan dari proses pembuatan pabrik biasa disebut dengan pupuk buatan. Kadar, hara, jenis hara, dan komposisi hara di dalam pupuk buatan sudah ditentukan oleh produsen dan menjadi ciri khas dari penamaan/merek pupuk. 

    Pupuk dapat digolongkan menjadi dua, Yaitu Pupuk Tunggal dan Pupuk Majemuk.
    Pupuk Tunggal Adalah : Pupuk tunggal merupakan jenis pupuk yang  mengandung satu macam unsur hara, misalnya Pupuk N (nitrogen), Pupuk P (fosfat), atau Pupuk K (kalium) Pupuk tunggal yang mengandung unsur N dikenal pupuk urea, ZA (zvavelvuure ammonium) biasa disebut  ammonium sulfat. Pupuk yang mengandung unsur P yaitu TSP (triple superphosfat) dan SP-36. 

    Pupuk Majemuk Adalah :  Pupuk buatan yang mengandung lebih dari satu unsur hara disebut pupuk majemuk, misalnya pupuk NP, NK, dan NPK. Pupuk NP adalah pupuk yang mengandung unsur N dan P. Pupuk NPK adalah pupuk majemuk yang mengandung unsur 3 hara yaitu N, P, dan K. Perbandingan kandungan hara dalam setiap pupuk majemuk berbeda-beda.

    Sedangkan Berdasarkan bentuk fisik, berdasarkan bentuk fisik pupuk digolongkan menjadi 2 jenis yaitu ;

    Pupuk Padat 
    Pupuk padat adalah pupuk dengan bentuk fisik padatan bukan cair. Misalnya pupuk dalam bentuk butiran/granul, tablet atau tepung. Pada umunya pupuk padat adalah pupuk yang mengandung unsur hara makro.

    Pupuk cair 
    Pupuk Cair adalah pupuk yang diproduksi dalam bentuk cair. Pupuk cair biasanya adalah pupuk dengan unsur hara mikro. Namun demikian ada beberapa jenis pupuk makro yang berbentuk cair.
    Berdasarkan cara aplikasinya, pupuk digolongkan menjadi 2 jenis yaitu ;

    Pupuk daun Adalah jenis pupuk yang khusus diaplikasikan dengan cara disemprotkan pada daun. Biasanya pupuk daun memiliki kandungan unsur hara mikro.

    Pupuk akar 
    Pupuk akar adalah pupuk yang cara pengaplikasiannya dengan cara ditaburkan pada media semai atau disekeliling tanaman. Pupuk akar biasanya adalah pupuk dengan kandungan unsur hara makro. Misalnya urea, NPK, TSP dan lain-lain.

    Berdasarkan cara melepaskan unsur hara, pupuk digolongkan menjadi 2 jenis yaitu ;

    Fast Release
    Pupuk Fast Release Adalah jenis pupuk yang kandungan unsur haranya mudah dan cepat diserap oleh tanaman. Pupuk jenis ini jika ditebarkan ke media tanam dalam waktu yang relatif singkat unsur hara yang dikandungnya akan dapat dimanfaatkan langsung oleh tanaman. Jenis pupuk fast release misalnya urea, ZA dan KCl.

    Besarnya kandungan unsur hara tertentu di dalam pupuk dinyatakan dalam persen. Semakin tinggi persentase semakin tinggi kandungan haranya. Misal pupuk ZA (amonium sulfat) persentase kandungan N sebesar 21 % artinya setiap 100 kg pupuk ZA mengandung 45 kg N. Kandungan ini lebih rendah dibandingkan dengan kandungan N didalam pupuk urea mengandung 45 % N. Untuk itu, dalam menghitung takaran pupuk bagi penelitian kesuburan tanah atau penelitian di rumah kaca, harus dilakukan dengan benar dan harus memperhitungkan jenis sumber pupuk yang digunakan. Kesalahan dalam menghitung pupuk akan merubah perlakuan yang sudah ditentukan, menurunkan tingkat ketelitian dan selanjutnya berakibat terhadap hasil dan kesimpulan penelitian.

    (Dipublikasikan pada Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penelitian Kesuburan Tanah. Menghitung Takaran Pupuk Untuk Percobaan Kesuburan Tanah. Hal. 91-105. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Kementerian Pertanian. 2015).

    Slow Release
    Pupuk Slow Release Sering disebut juga pupuk controlled release (lepas terkendali), pupuk jenis ini melepaskan unsur hara yang dikandungnya secara perlahan. Pupuk jenis slow release melepaskan unsur hara sedikit demi sedikit sesuai dengan kebutuhan tanaman. Misalnya pupuk TSP.

    Bagaimana sahabat Potret Pertania, semoga Artikel Pengertian Pupuk dan Jenisnya dapat Bermanfaat dan jangan lupa Share jika ini bermanfaat dan dapat sebagai acuan oleh pelaku pertanian dalam menentukan pupuk apa saja yang akan digunakan dalam meningkatkan Kualitas dan Produksi Tanaman, Sampai Jumpa lagi diartikel selanjutanya dan salam Potret Pertanian.
    Ikutin terus ya Artikel dan Berita Pertanian yang kami sajikan di Potret Pertanian, Kami akan terus memberikan yang terbaik buat sahabat semua dalam berbagi Solusi dan Informasi, seperti 
    Pupuk pertanian terbaik
    Pupuk pertanian bintang mj
    Pupuk pertanian yang bagus
    Kami juga akan Menyajikan Informasi menarik lainya dibidang Pertanian seperti
    Agen pupuk pertanian
    Peraturan menteri pertanian pupuk anorganik
    Pertanian pupuk bokashi
    Manfaat pupuk bagi pertanian
    Pentingnya pupuk bagi pertanian
    Pupuk sintetis untuk pertanian berkelanjutan
    Toko pupuk & bibit pertanian kabupaten pacitan jawa timur
    Pupuk organik untuk pertanian berkelanjutan
    Bisnis pupuk pertanian
    Pupuk cair pertanian
    Pupuk organik cair untuk pertanian
    Pupuk dasar pertanian
    Pupuk dolomit pertanian
    Fungsi pupuk pertanian
    Harga pupuk pertanian
    Harga pupuk pertanian 2018
    Harga pupuk pertanian 2019
    Harga pupuk pertanian terbaru
    Harga pupuk pertanian hari ini
    Inovasi pupuk pertanian
    Jurnal pupuk pertanian
    Jual pupuk pertanian di semarang
    Pupuk kapur pertanian
    Pupuk kimia pertanian
    Manfaat pupuk kapur pertanian
    Harga pupuk kapur pertanian
    Kandungan pupuk kapur pertanian
    Mengapa pupuk kimia pertanian memicu pemanasan global
    Fungsi pupuk kapur pertanian
    Komposisi pupuk pertanian
    Pupuk organik limbah pertanian
    Limbah pupuk pertanian di perairan menyebabkan
    Pupuk pertanian non subsidi
    Pupuk pertanian subsidi pemerintah
    Pengaruh penggunaan pupuk pertanian terhadap terjadinya pencemaran tanah
    Pengaruh pupuk terhadap pertanian monokultur

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad