Kamis, September 06, 2018

BPTP Sampaikan Informasi Kalender Tanam dan Teknologi Tumpang Sari Pada Penyuluh Sumbar

Baca Juga

POTRET PERTANIAN - BPTP Sampaikan Informasi Kalender Tanam dan Teknologi Tumpang Sari Pada Penyuluh Sumbar, Pembekalan kepada penyuluh pertanian semakin diintensifkan, berbagai pelatihan dan pengenalan teknologi guna mendukung swasembada pangan yang terus digenjot di Indonesia, Karena Saat ini sektor pertanian adalah salah satu sektor yang mempengaruhi pembangunan nasional. Pembangunan sektor pertanian menjadi sesuatu yang penting dan strategis. 

Bertempat di Hotel Whizt Padang, Rabu 5 September 2018, BPTP Sampaikan Informasi Kalender Tanam dan Teknologi Tumpang Sari Pada Penyuluh Sumbar dihadapan 55 orang penyuluh pertanian dari Kab. Tanah Datar, Agam, Padang Pariaman, Kota Padang Panjang dan Kab.Kep.Mentawai disampaikan beberapa informasi teknologi pertanian. Kegiatan pembekalan penyuluh pertanian ini diselenggarakan oleh Satgas Penyuluhan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sumatera Barat untuk mensukseskan Laporan Tambah Tanam (LTT) pada Program UPSUS Pajale di Sumatera Barat.

Dalam pemaparan materinya, Heru Rahmoyo Erlangga, S.TP selaku Peneliti BPTP Balitbangtan Sumatera Barat menyampaikan pentingnya pelaksanaan Teknologi Tanam Jarwo guna mensukseskan program UPSUS Pajale di Sumatera Barat. Selain itu perlu diperhatikan pola tanam petani sehingga dalam musim kemarau petani tetap dapat melakukan pertanaman tanaman palawija dan tetap dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Selain itu Balitbangtan juga memberikan aplikasi berbasis teknologi informasi Kalender Tanam guna membantu penyuluh pertanian dan petani dalam mengenal kondisi cuaca setempat guna melakukan prediksi waktu tanam dan rekomendasi varietas serta pemupukan yang tepat. (*)

Rekomendasi Untuk Anda × +