Kamis, September 06, 2018

Membuat Besar Buah Jambu Dalam Pot ( Tabulampot)

Baca Juga

POTRET PERTANIAN - Cara Membuat Buah Tambulampot Berbuah Besar, Sebelum kita Bahas lebih jauh bagaimana Cara Membuat Besar Buah Jambu Dalam Pot (tabulampot) alangkah baiknya untuk sekedar mengingatkan supa lebih paham lagi apayang dimaksud dengan tabulampot, Tapi saya yakin bahwa sahabat Potret Pertanian Sudah paham dengan yang namanya Tambulanpot, tapi tidak apa apa saya bahas kembali biar tambah paham.

Tabulanpot adalah sitem Budidaya tanaman buah dalam pot (Tabulampot) sitem ini juga merupakan Seni Dalam Budidaya Tanaman yang dewasa ini teknik budidaya ini banyak disukai karena memiliki beberapa kelebihan diantaranya Pemanfaatan lahan atau halaman sempit, Berfungsi sebagai tanaman hias, Mudah dipindah-pindah tanpa merusak tanaman dan Dapat diatur masa berbunga dan berbuah. 

Pada dasarnya hampir semua tanaman buah dapat dibudiayakan dalam bentuk tabulampot. akan tetapi, yang perlu diketahui tidak semua tanaman buah tabulampot bisa menghasilkan buah. Karena meskipun bisa tanaman buah tabulampot tumbuh dengan subur, jenis-jenis tanaman buah tertentu belum bisa berbuah dalam lingkungan tabulampot.

Beberapa jenis tanaman buah yang lazim dijadikan tabulampot. Tingkat keberhasilan berbuahnya dikategorikan mudah, sulit dan belum berhasil. Beberapa tanaman buah dengan kategori mudah berbuah diantaranya jeruk, belimbing, sawo, mangga, jambu biji dan jambu air. Tanaman yang sulit berbuah antara lain rambutan, lengkeng, manggis, duku dan jambu bol. Sedangkan tanaman alpukat dan durian masih belum berhasil berbuah optimal dalam lingkungan tabulampot.

Baiklah sahabat Potret Pertanian kita masuk pada pembahasan bagaimana Membuat Besar Buah Jambu Dalam Pot ( Tabulampot), Akan tetapi sebelum kita melkukan hal tersebut tentunya kita harus melewati proses yang linya seperti Pemangkasan yang dilakukan terhadap tunas air untuk merangsang pembungaan, PemupukanPengendalian hama dan penyakit, Pergantian media dan pot, atau perawatan, karena jika proses tersebut tidak dilaksanakan tentunya akan sulit untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang kita harapkan.

Membuat Besar Buah Jambu Dalam Pot ( Tabulampot), sebenarnya sangat sederhana yaitu dengan mengurangi jumlah buah yang keluar pada tangkai buah, Tapi hal ini akan membuat enggan kita pada umumnya untuk menguranginya dengan dalih sayang.

Tapi langkah tersebut harus dilakukan, hal tersebut bukan tidak beralasan kenapa kita harus mengurangi jumlah buah yang ada dalam tangkai buah, berikut alasanya :

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, Tabulanpot adalah sistem Budidaya tanaman buah dalam pot (Tabulampot) dengan media yang sangat terbatas, Mulai dari perakaran atau media tanah yang sedikit dalam pot sehingga tanaman akan sulit untuk mendapatkan Hara Yang dibutuhkan oleh tanaman untuk berproduksi maksimal, oleh karena itu dibutuhkan bantuan kita untuk dapat menghasilkan buah yang baik seperti yang kita inginkan.

Mungkin kita akan berasumsi untuk memenuhi kebutuhan hara tanaman bukankah sudah dilakukan pemupukan!, Yes Itu pertanyaan yang supersekali, jika buah terlihat lebat bukankah kita bisa menambah dosis pupuk dan disesuaikan dengan kebutuhan tanaman,! Nah ini juga pernyataan yang sangat Super sekali, Duacara diatas memang bisa kita lakukan, akan tetapi Penambahan pupuk yang banyak pada tanaman Tanbulampot ini tentu akan membuat resiko yang tinggi, Lho kok gitu sih, he he tunggu dulu jangan di potong, akan saya jelaskan supaya lebih gamblang.

Media tanah dalam tanbulanpot yang terbatas ini akan sangat beresiko jika kita menggunakan pupuk yang berlebihan, Resiko pertama adalah kerontokan buah, karena dalam pot akan lebih cepat kering jika terlambat dalam penyiraman, terlebih akar yang berada dalam pot sudah banyak, maka akan membuat air lebih cepat mengering. ini menurut saya, ya siapa tau menurut sahabat tidak yah silahkan saja, wkwkk.. jangan serius banget biar tetap awet muda seperti saya.

Kedua dengan media yang sedikit serta akar yang banyak saat kita berikan pupuk yang berlebihan akan membuat panas akar dan ahirnya membusuk, dan dalam hal ini tentu akan menghambat proses atau sirkulasi hara dari akar ke batang tanaman, ahirnya akan menyebabkan rontok pada buah jambu tersebut, maka dari itu saya sarankan untuk membuat Tanaman Jambu dalam pot dapat berbuah besar saratnya jangan sayang atau takut untuk mengurangi bakal buah yang ada, Misalkan dalam tangkai buah terdapat 10 buah alangkah bagusnya di kurangi menjadi 4 atau lima, supaya tidak terjadi persaingan yang ketat dalam mendapatkan hara untuk memperbesar buah tersebut.

nah bagaimana sahabat Potret Pertanian, ? saya rasa sudah paham dengan penjelasan yang singkat padat tersebut, semoga bermanfaat dan salam sukses selalu buat sahabat semua, Salam Tanbulampot, eh Salam Pertanian.

Rekomendasi Untuk Anda × +