Sabtu, September 08, 2018

Monitoring Organisme Pengganggu Tanaman Jeruk Menggunakan ES

Baca Juga

POTRET PERTANIAN - Monitoring Organisme Pengganggu Tanaman Jeruk Menggunakan ES, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) menghasilkan program atau sistem aplikasi untuk melakukan pemantauan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dalam bentuk Expert System (ES) atau lebih dikenal sistem pakar. ES ini berfungsi digunakan sebagai komponen monitoring perkembangan hama di lapangan secara real Time berbasis web.

ES disusun untuk memudahkan pengguna untuk melakukan monitoring atau pengamatan OPT dan mengetahui hasil serta mengambil keputusan apakah kondisi populasi hama di lapangan perlu dikendalikan atau tidak dikendalikan. Keunggulan dari teknologi ini adalah mudah diaplikasikan, dapat digunakan oleh petugas atau petani yang paham maupun tidak paham tentang hama tanaman jeruk, dapat untuk monitor secara langsung (real time) kondisi status OPT jeruk di sentra produksi.

Teknologi sistem pakar berbasis android ke depan juga akan dikembangakan. Maka peluang pemanfaatannya ES juga nantinya sangat besar digunakan secara langsung di lapangan. Rencana pengembangan aplikasi sistem pakar berbasis web menjadi berbasis android diharapkan akan meningkatkan adopsi teknologi karena dapat memudahkan pengguna untuk menggunakan sistem aplikasi dimaksud, karena lebih sederhana dan efisien.(Ind)
Rekomendasi Untuk Anda × +