Minggu, Oktober 07, 2018

Dinkes Gencarkan Program Isi Piringku untuk Cegah Stunting

Baca Juga

POTRET PERTANIAN - Dinkes Gencarkan Program Isi Piringku untuk Cegah Stunting, Salah satu rangkaian program peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2018, Dinas Kesehatan Kalsel bakal mengedukasi 2018 orang ibu hamil dalam rangka memenuhi gizi seimbang dengan pendekatan Isi Piringku.

“Ini adalah upaya pemerintah untuk menurunkan dan mencegah stunting melalui edukasi pemenuhan gizi seimbang melalui pendekatan isi piringku,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, HM Muslim, Rabu (3/10).

Menurut Muslim, program isi piringku merupakan rangkaian dalam memperingati Hari Pangan Sedunia 2018 yang akan dilaksanakan di kawasan perkantoran Setdaprov Kalsel, Banjarbaru.
Dikatakannya, sebanyak 2018 orang ibu hamil nantinya dibekali pengetahuan akan pentingnya mengatur pola serta porsi makanan sesuai dengan kebutuhan anak.

“Isi piringku menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring, terdiri dari 50 persen buah, sayur, serta 50 persenya lagi terdiri dari karbohidrat dan protein. Setelah mendapatkan pengetahuan dari pemateri, ibu hamil akan makan bersama, ” sebutnya.

Dikatakan Muslim, dipilihnya ibu hamil karena pentingnya menjaga kandungan gizi dalam makanan yang dikonsumsi dalam 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

“Periode 1.000 Hari Pertama Kehidupan adalah masa sejak anak dalam kandungan, yakni 270 hari, sampai anak lahir 2 tahun (730) hari, merupakan periode emas sang anak. Untuk itu penting untuk menjaga kandungan gizi dalam makanan,” ucapnya.
Muslim juga mengatakan, Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel, Hj Raudatul Jannah, SKM, sangat mendorong program Isi Piringku ini karena memiliki peran penting untuk memenuhi gizi si buah hati.
Bahkan istri orang nomor satu di Kalsel itu menyarankan agar Isi Piringku diisi dengan pangan lokal khas kabupaten kota masing-masing.
Harapannya, para ibu hamil nantinya memiliki kemauan dan kemampuan untuk menerapkan pola makan sehat dan mencukupi kebutuhan nutrisi harian dalam sekali makan.(*)

Rekomendasi Untuk Anda × +