Selasa, Oktober 02, 2018

Mengenal Lebih Dekat, Ir. H Zola Pandu – Dt. Rumah Panjang

Baca Juga

POTRET PERTANIAN - "Hijau dalam berpikir dan berjuang untuk Sumatera Barat lebih baik" Ir. H Zola Pandu – Dt. Rumah Panjang (lahir di Lawang, Kabupaten Agam, Indonesia, 12 Oktober 1963; umur 55 tahun) adalah seorang intelektual, pengusaha, aktivis lingkungan dan sosial, pegiat pariwisata, serta pemerhati pertanian dan peternakan. Ia menyelesaikan pendidikan sarjana pada Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Faperta UNAND), Padang. Aktivis mahasiswa tahun 1980-an ini punya segudang kesibukan, selain aktif dibidang lingkungan dan sosial, pariwisata, pertanian, peternakan, pembina olahraga paralayang serta bisnis, Zola Pandu juga aktif mengisi materi kewirausahaan di berbagai kampus dan acara lainnya. Selain itu juga aktif di kegiatan organisasi masyarakat dan profesi.

Zola Pandu lahir di Lawang Kabupaten Agam, Propinsi Sumatera Barat, putera keempat dari tujuh bersaudara pasangan Marthias Dusky Pandoe (alm) seorang wartawan senior Indonesia yang berkarya untuk Harian Kompas sejak tahun 1970 sampai pensiun pada tahun 1998 dan Hj. Zuraida. Kedua orang tuanya adalah orang Minangkabau dari Nagari Lawang, Sumatera Barat.

Ayah dua anak, Nadya Putri Zola (24 tahun) dan Muhammad Jody Pandoe (22 tahun) ini menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Negeri No.05 (bekas SD No. 59)Padang Pasir, Kota Padang, kemudian  melanjutkan SMP di SMP Negeri 17 Padang (bekas SMP Banuaran). Setelah itu melanjutkan sekolah ke SMA Negeri 2 Kota Padang. Ia kemudian melanjutkan kuliah di Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang.

Sejak kecil, Zola Pandu suka bermain bola, berorganisasi dan sudah belajar wirausaha. Ia juga pernah menjadi pemain bola pragalatama Pagaruyung FC, dan sebagai konseptor serta pelaksana pilot proyek sistem pengelolaan dan pemanfaatan sampah Kota Padang. Berkat kerja kerasnya ia dihadiahi oleh pemerintah Kota Padang Studi Banding Sistem Pengelolaan Sampah Kota di Hildesheim, Jerman Barat. Tak hanya itu, ia juga pernah mendapatkan anugrah Wirabraja Award 2015 dari Korem 032/Wirabraja atas dedikasinya dalam mensukseskan program memajukan masyarakat di bidang pertanian.

Semasa kuliah, ia aktif di berbagai organisasi intra kampus maupun ekstra kampus, antara lain pernah menjadi Ketua Kelompok Mahasiswa Mencintai Alam (KOMMA) Fakultas Pertanian UNAND (1985-1987) Ketua III Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Andalas (1985-1986). Zola juga berkali-kali memimpin acara nasional yang berkaitan dengan isu lingkungan dan pecinta alam.

Di luar kampus, ia pernah menjadi Ketua LSM Bina Kelola (BILA) Padang (1988-1990), Ketua Kelompok Pemuda Pengelola Sampah (KOPPAS) Kelurahan Bandar Purus Padang (1989 – 1990). Pada tahun 1990, berkat kerja kerasnya mengelola sampah yang pada saat itu menjadi masalah besar di Kota Padang, ia dihadiahi oleh pemerintah Kota Padang Studi Banding Sistem Pengelolaan Sampah Kota di Hildesheim, Jerman Barat.

Kiprah
Dia sempat menjadi Wakil Ketua III DPD REI Sumbar 2001-2004. Ketua Bidang Kemaritiman dan Usaha GAPENSI Sumbar (2003-2007). Bendahara Umum Pemuda Pancasila Sumbar 2004-2007. Tak hanya itu, kiprahnya juga merambah ke dunia pertanian, peternakan dan perkoperasian. Ia pernah terpilih menjadi Ketua II Yayasan Alumni Fakultas Pertanian (AFTA) Universitas Andalas Padang 2003-2013. Direktur Wilayah Pandu Tani Indonesia (PATANI) Kantor Wilayah Sumbar (2009-2014). Ketua Asosiasi Peternak Sapi Potong Agam (2009-2014), Ketua Harian DPP Himpunan Pengusaha Kakao Indonesia (HIPKINDO) (2011-2016). Wakil Ketua DPP Ikatan Keluarga Alumni  Fakultas Pertanian Universitas Andalas (IKA FP-UA). Ketua Jaringan Komunikasi Masyarakat Peduli Perikanan, Pertanian dan Peternakan Provinsi Sumbar (JKMP4) (2015-2017). Ketua Koperasi Peternak Sehati Mandiri (2015 s/d sekarang).

Sebagai orang yang malang melintang di dunia wirausaha, Zola pun sering diminta untuk menjadi narasumber di beberapa kuliah umum di kampus ternama. Ia juga sering tampil sebagai pembicara dalam diskusi, seminar, konferensi dan training-training mahasiswa yang berkaitan dengan wirausaha,sosial dan lingkungan hidup, pariwisata, pertanian dan peternakan.
Rilis dari sumber : Zolapandu.com
Rekomendasi Untuk Anda × +