Minggu, Oktober 14, 2018

Workshof Kewirausahaan bersama Dr. Maman nurzaman

Baca Juga

Workshof Kewirausahaan bersama Dr. Maman nurzaman.

POTRET PERTANIAN -“Salam Dan Bahagia” Fakultas Pertanian Universitas Tamansiswa padang menggelar Workshof Kewirausahaan yang menghadirkan Praktisi Pertanian dari jawa barat Dr. Maman nurzaman, dengan tema “ MEMBIDIK PELUANG USAHA MELALUI INOVASI TEKNIK PENGOLAHAN LAHAN DAN PAKAN TERNAK” yang diselenggarakan diruangan Prof. Haryono Suyono  Universitas tamansiswa padang , Sabtu 13/10/2018.


Pembukaan Workshof Kewirausahaan yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas pertanian Dr. Ir. Jamilah, MP, yang juga dihadiri oleh ketua  Wakil dekan fakultas pertanian  Dr. Milda Ernita, SSi. MP , Ketua Prodi Agroteknologi, Dr. Zahanis, M.Si. Serta Ketua Prodi Agribisnis Syahrial, SP. M.Si yang sekaligus menjadi moderator dalam kesempatan tersebut.
Dekan Fakultas Pertanian Universitas Tamansiswa Padang, Dr. Ir. Jamilah, MP

Dalam sambutanya Dekan Fakultas Pertanian Universitas Tamansiswa Padang menyampaikan Ucapan terimakasih dan Apresiasi kepada Dr. Nurzaman atas kesempatannya hadir memenuhi undangan ke universitas tamansiswa padang. Serta mengenalkan profil Narasumber kepada peserta Workshof Kewirausahaan.

“Fakultas Pertanian Universitas Tamansiswa Padang yang untuk kesekian kalinya menggelar kegiatan yang berkaitan dengan kewirausahaan. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur  bagi Mahasiswa Fakultas Pertanian Unitas Padang guna membentuk kemampuan para mahasiswanya dalam kopetensi baik secara hardskill dan softskill.“ Tutup Dr.Ir. Jamilah, MP mengakhiri sambutanya.

Ketua Podi Agribisnis Syahrial, SP. M.Si, yang bertindak sebagai moderator mengawali acara inti dan mengajak para peserta untuk beanar-benar mengikuti dengan baik untuk bisa menggali dan mendapatkan ilmu dari narasumber, Workshof Kewirausahaan bersama Dr. Maman nurzaman yang juga diikuti oleh mahasiswa dari fakultas Pertanian Prodi Agroteknologi, Peternakan dan Agribisnis serta Mahasiswa Pasca Sarjana Unitas padang yang juga hadir dalam kegiatan yang berlangsung selama satu hari.
Dr. Maman Nurzaman /Praktisi Pertanian

Sebagai Praktisi Pertanian, yang telah malang melintang diseluruh wilayah Indonesia yang  akrab dengan panggilan Ayah Manzel, yang mencintai pertanian semenjak smp, dan pernah pernah diundang Oleh mantan presiden Indonesia Ing, BJ Habiebie dan dinobatkan sebagai musrid tauladan Internasional dan diundang untuk melanjutkan studi di jerman pada usia 15.

Dr, Maman Nurzaman atau (ayah) yang mengenyam pendidikan diluar negeri dan menyelasaikan pendidikannya dan menjalani profesi sebagai dokter sepesialis kandungan  ahirnya memutuska berhenti untuk selanjutnya menekuni bidang pertanian yang sudah beliau cintai dari dari sejak kecil.

Berbagai Inovasi yang telah beliau ciptakan dibidang pertanian dan peternakan yang saat ini sudah banyak digunakan oleh petani organik yang tersebar diseluruh Indonesia. Tak hanya dalam bidang pertanian, tak sedikit inovasi beliu banyak digunakan dalam budidaya peternakan.

Dr. Maman Nurzaman Juga Mengatakan kepada peserta bahwa sebelum melakukan sebuah kegiatan usaha Baik Itu dibidang Pertanian atau peternakan harus terlebih dahhulu mengetahui prinsifnya, yang beliau Istilahkan dengan “Bersalaman” 

“ Anda Akan membudidayakan tanaman ataupeternakan sebelum bersalaman tanaman atau ternak tersebut, sudah pasti anda akan merugi” tegas Dr. Nurzaman.

“Bersalaman” adalah istilah yang berarti harus mengerti, memahami serta mempelajari aspek-aspek yang akan mendukung jalanya sebuah Usaha, Dicontohkan Oleh Dr. Nurzaman, “Sebelum Membudidayakan tanaman cabe, maka anda harus terlebih dahulu mengetahui, bagaimana tanaman cabe tersebut, mulai dari media tanam sampai kebutuhan makanan atau hara sampai kapan saat yang tepat untuk memberikan hara atau makanan pada tanaman cabe tersebut, Artinya memahami bagaimana tanaman tersebut, dari mulai Pra tanam sampai Pasca panen. Itu yang saya maksud saya” Ungkap nya.

“salah satu kelemahan yang ada pada petani di Indonesia bahwa sanya kurang pengetahuan petani yang sering menyebabkan produksi tanamannya kurang maksimal, contohnya seperti ini, dalam pemberian hara terhadap tanaman masih banyak dengan dosis yang tidak sesuai dengan kebutuhan tanaman itu sendiri, karena semua jenis tanaman kebutuhannya tidak sama mulai dari kebutuhan akan hara serta waktu yang tepat ketika melakukan penambahan hara tanaman juga tidak sama yang harus disesuaikan dengan jenis tanaman dan kondisi dimana dilakukan budidaya” Ungkapnya.

“ tidak berhenti disana, pola masarakat indonesia dalam melakukan budidaya itu lebih cenderung serentak, dan itulah yang menyebabkan ketika pasca panen akan mengalami penurunan harga(harga nya Murah) dikarenakan menumpuknya hasil budidaya, nah disanalah peran menegeman yang harus diterapkan dalam pelaksanaan pasca Panen” tegas Nurzaman.

Dr. Nurzaman Membagikan tips dan Trik dalam melakukan budidaya pertanian, 
1. Cara meningkatkan hasil panen kangkung yang Cuma dalam waktu 14 hari.
2. Cara Panen bayam umur 12 hari.
3. Cara membuat tanaman cabe panen 1,5 kg pada panen pertama.

Pada sesi pertama yang dimulai jam 9:00 WIB denganPembahasan tentang pertanian dan ahiri oleh diberinya kesempatan bertanya kepada peserta Workshof Kewirausahaan sampai jam 12:00 WIB dan dilanjutkan setelah jam isoma. 

Sesi kedua yang berlangsung sampai pukul 16:00 yang  dialakukan pembahasan seputar permasalahan peternakan, mulai dari bagaimana meningkatkan produksi peternakan dengan membuat ternak unggas bisa bertelur sampai 4 kali dalam sehari, serta cara pembuatan pakan ternak dari media sekam padi dan ampas tahu untuk penggemukan ternak sapi dan kambing. 

“Waktu melaju bagai anak panah” kata dekan PertanianDr. Ir. Jamilam, MP, yang terasa begitu cepat, karna penyampaian yang materi yang sangat menarik dan membuat semua peserta masih enggan untuk beranjak karna rasanya masih sedikit sekali ilmu yang ditinggalkan Dr. Nurzaman kepada peserta yang terdiri dari mahasiswa pertanian Universitas Tamansiswa Padang.
Dr. Maman nurzaman, Dr. Ir. Jamilam, MP, Dr.Milda Ernita, SSi MP,

Pada sesi ahir kegitan Workshof Kewirausahaan yang bertema membidik peluang usaha melalui inovasi teknik pengolahan lahan dan pakan ternak, dalam memotivasi kegiatan wirausaha bidang pertanian dan peternakan. Serta diberitantangan Kepada Fakultas pertanian Universitas tamansiswa Padang untuk kepengurusan KP2M UNITAS PADANG dan percepatan produksi unggas serta hasil tanaman pangan dan hortikultura.

Ketua Prodi Pertanian Dr.Milda Ernita, SSi MP, memberikan cenderamata kepada Dr. Maman Nurzaman sebagai kenang-kenangan dan ucapan terimakasih kepada telah berbagi Ilmu kepada mahasiswa fakultas Pertanian Universitas Tamansiswa padang.dan di ahiri dengan sesi poto bersama.(Pras)

Rekomendasi Untuk Anda × +