Jumat, November 09, 2018

APIKLUHTAN Tingkatkan Penyajian Data dan Informasi Indikator Kinerja Penyuluh Pertanian Tepat Waktu

Baca Juga

POTRET PERTANIAN - Pusat Penyuluhan Pertanian membuat terobosan dengan membuat aplikasi  berbasis android   untuk membantu memudahkan penyuluh pertanian memberikan  pelaporan Indikator Kinerja Penyuluh Pertanian (IKPP) harian. Aplikasi tersebut dinamakan  Aplikasi Pelaporan Indikator Kinerja Penyuluh Pertanian (APIKLUHTAN) Real Time.

Dengan aplikasi tersebut diharapkan akan meningkatkan  kinerja  44.045 orang Penyuluh Pertanian serta akan meningkatkan Kapasitas Kelembagaan Penyuluhan Pertanian sebanyak kurang lebih 5.600 BPP yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Pusat Penyuluhan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian telah melakukan ujicoba aplikasi tersebut di wilayah Jawa Barat yang meliputi: BPP Palimanan, Kabupaten Cirebon peserta sebanyak 20 orang, sedangkan di BPP Gantar dan BPP Haurgelis Kabupaten Indramayu juga sebanyak 15 orang yang terdiri dari penyuluh pertanian PNS dan THL-TB Penyuluh Pertanian di saksikan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon serta Kepala Bidang Penyuluhan Pertanian yang mewakili Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu.

Pelaporan kinerja yang selama ini masih belum maksimal mengakibatkan penyajian data dan informasi belum tepat waktu, dan masih sulitnya memperoleh data-data potensi wilayah kerja penyuluh pertanian. APIKLUHTAN akan menjawab semua itu dan penyuluh pertanian mampu melaporkan harian kinerja meliputi peningkatan produksi dan produktivitas pertanian tidak terlepas dari peran para penyuluh pertanian melalui gerakan pendampingan dan pengawalan peningkatan/percepatan LTT, optimalisasi pemanfaatan alsintan, Percepatan Pengolahan Lahan dan Pertanaman Padi Jagung, Kedelai dan komoditas unggulan lainnya, penyerapan gabah petani dan keterlibatan dalam penyebaran informasi pertanian melalui media sosial (medsos).

IKPP bagi para penyuluh pertanian merupakan kewajiban yang harus di laporkan setiap hari, dalam melaksanakan tugas pendampingan kepada pelaku utama dan pelaku usaha dalam mengembangkan usaha agribisnisnya, berjalan efektif dan efisien, sehingga produksi meningkat dengan memberikan nilai tambah kepada petani.

Uji coba Apikluhtan disambut dengan positif oleh penyuluh. Para penyuluh menyadari bahwa dengan perkembangan zaman saat ini, mereka harus siap dan peka bahwa melalui aplikasi berbasis informasi teknologi maka pelaporan kinerja dituntut cepat, akurat, terukur dan update.
Rekomendasi Untuk Anda × +