Kamis, Oktober 18, 2018

Langkah Cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2018

Baca Juga

POTRET PERTANIAN - Langkah Cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2018, 3 Langkah Mengecek Lolos Tidaknya dari Seleksi Administrasi CPNS 2018 via sscn.bkn.go.id, Terakhir 21 Oktober 2018.

Pelamar CPNS 2018 dapat mengetahui hasil pengumuman melalui beberapa cara.

Sedikitnya, ada 3 langkah Mengecek Lolos Tidaknya dari Seleksi Administrasi CPNS 2018 via sscn, Terakhir 21 Oktober 2018.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara ( BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, hasil seleksi administrasi pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018 telah terlaksana sejak Selasa (16/10/2018) hingga 21 Oktober mendatang.

Berikut 3 Langkah Mengecek Lolos Tidaknya dari Seleksi Administrasi CPNS 2018:

1. Login ke situs SSCN

Pertama, pelamar dapat melakukan login ke situs SSCN secara berkala.

Pelamar dapat memantau perkembangan informasi melalui situs resmi dari BKN ini.

Sebagai informasi, ketika untuk masuk ke situs SSCN, pelamar harus memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) dan password yang telah dibuat ketika melakukan pendaftaran.

Apabila pelamar dinyatakan memenuhi syarat administrasi, nanti akan ada informasi kelolosan.

Kemudian, pelamar diminta untuk mencetak kartu peserta yang digunakan untuk mengikuti seleksi kompetensi CAT (computer assisted test).
2. Media sosial atau situs resmi

Selain dengan login ke situs SSCN, pelamar disarankan untuk memantau informasi pengumuman dari akun media sosial BKN.

Tak hanya itu, pelamar juga dapat memantau media sosial dan situs resmi instansi terkait. Menurut salah satu staf BKN, jika pelamar lolos seleksi administrasi, nantinya akan tetap diarahkan ke situs SSCN untuk mencetak kartu peserta tes.

3. E-mail

Pengumuman hasil seleksi administrasi juga disampaikan melalui alamat surat elektronik atau e-mail yang digunakan ketika melakukan pendaftaran di situs SSCN.

Pelamar yang dinyatakan lolos juga akan diarahkan untuk mencetak kartu peserta pada situs SSCN.

Setelah dinyatakan lolos administrasi, pelamar harus bersiap untuk mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD).

Tes SKD ini terbagi menjadi tiga, yaitu tes karakteristik pribadi (TKP), tes intelegensia umum (TIU), dan tes wawasan kebangsaan (TWK).

Adapun nilai ambang batasnya yaitu 143 untuk TKP, 80 untuk TIU, dan 75 untuk TWK.
Sembari menunggu pengumuman, pelamar dapat mempersiapkan tes tersebut sebaik-baiknya. Seperti diketahui, total pelamar CPNS kali ini tembus lebih dari 4 juta pelamar.

Di satu sisi, pemerintah hanya mengalokasikan 238.015 formasi untuk CPNS tahun ini.

Bagikan Kisi-kisi

Badan Kepegawaian Negara (BKN) membagikan kisi-kisi tes CPNS dan penilaian Standar Kompetensi Dasar setelah pendaftaran CPNS 2018 via sscn.bkn.go.id ditutup Senin, (15/10/2018).

Adapun tahap baru lagi yang harus dilewati peserta Pendaftaran CPNS 2018 setelah mendaftarkan diri mereka di sscn.bkn.go.id.

Tahapan tersebut adalah pelaksanaan tes Standar Kompetensi Dasar (SKD) yang dilaksanakan lewat Computer Assisted Test.

Dari akun Twitter BKN tes SKD lewat CAT untuk CPNS 2018 terdiri dari:

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

TWK dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. NKRI.

Tes tersebut mencakup sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peran bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

2. Tes Inteligensia Umum (TIU)

Sedangkan TIU dimaksudkan untuk menilai intelegensia peserta seleksi.

Pertama, kemampuan verbal atau kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan.

Selain itu, kemampuan numerik, atau kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.

Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal ini akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0).

TIU juga untuk menilai kemampuan figural, yakni kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram.

Selain itu juga kemampuan berpikir logis, atau penalaran secara runtut dan sistematis, serta kemampuan berpikir analisis, atau kemampuan mengurai suatu permasalahan 
secara sistematik.

Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal ini akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0).

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Kelompok soal ketiga adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Soal-soal dalam kelompok soal ini mencakup hal-hal terkait dengan pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jejaring kerja, 
integritas diri, semangat berprestasi.

Selain itu, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas.

Juga kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, bekerjasama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Berbeda dengan dua kelompok soal sebelumnya, TWK dan TIU, nilai untuk kelompok soal ini terbesar 5 dan tidak ada nilai nol (0) untuk setiap jawaban.

Karena itu, peserta diimbau untuk menjawab seluruh soal TKP.

Melalui akun twitter resmi BKN juga menuliskan nilai yang harus dipenuhi pelamar untuk bisa memenuhi passing grade Formasi Umum.

"SKD: 35 soal TWK, 30 TIU, & 35 TKP.

Nilai 5 jika benar & 0 jika salah dlm TWK & TIU; TKP jawaban bernilai 1~5.

U/ penuhi passing grade Formasi Umum, cukup jawab benar 15 TWK, 16 TIU, & 29 TKP bernilai 5.

Formasi lainnya? Sabar, masih ada esok. Jangan lupa bahagia, cheers".

Rekomendasi Untuk Anda × +