Sabtu, Oktober 27, 2018

Membuat Mikro Organisme Lokal (MOL) dari akar bayam

Baca Juga

POTRET PERTANIAN - Cara Membuat Mikro Organisme Lokal (MOL) dari akar bayam, Mulai sekarang Stop !, jangan buang akar bayam sayur, akar bayam yang biasanya kita anggap sebagai limbah sayaur ternyata bisa kita manfaatkan sebagai bahan untuk membuat mikro organisme lokal (MOL),.

Sebelum kita lanjutkan alangkah baiknya jika kita tahu dulu apa yang disebut dengan MOL ?.

Mikroorganisme lokal (MOL) adalah mikroorganisme yang dimanfaatkan sebagai starter dalam pembuatan pupuk organik padat maupun pupuk cair.  Bahan utama MOL terdiri dari beberapa  komponen yaitu karbohidrat, glukosa, dan sumber mikroorganisme.  Bahan dasar untuk fermentasi larutan MOL dapat berasal dari hasil pertanian, perkebunan, maupun limbah organik rumah tangga. Karbohidrat sebagai sumber nutrisi untuk mikroorganisme dapat diperoleh dari limbah organik seperti air cucian beras, singkong, gandum, rumput gajah, dan daun gamal.  Sumber glukosa berasal dari cairan gula merah, gula pasir, dan air kelapa, serta sumber mikroorganisme berasal dari kulit buah yang sudah busuk, terasi, keong, nasi basi, dan urin sapi     (Hadinata, 2008). 

Nah bagaimana sahabat Potret untuk lebih jelasnya atau lengkapnya silahkan cari di kolom pencarian di pojok atas dengan keywort yang sahabat butuhkan, atau bisa dengan melihat di Sitemap atau Daftar isi Potret Pertania, Okkita langsung ke Cara Membuat Mikro Organisme Lokal (MOL) dari akar bayam.

Berikut cara yang cukup mudah untuk membuat MOL akar bayam:

Ambil akar bayam (sebaiknya jgn dicuci) kurang lebih satu kantong kresek kecil, gula 500 gram, air 1 liter. Fermentasi selama 2 minggu secara anaerrob.
Untuk jenis bayam boleh menggunakan jenis bayam sayur atau bayam duri. Jika sudah selesai nanti bisa dicampurkan dengan air 150 liter dan jadilah poc siap aplikasi

Bagaimana sahabat Potret Pertanian, sangat mudah sekali kan Membuat Mikro Organisme Lokal (MOL) dari akar bayam ini, semia bermanfaat dan jangan lupa berbagi, dengan klik tombol share dibawah ini, salam sukses selalu dan jayalah petani Indonesia.

Rekomendasi Untuk Anda × +