Jumat, Oktober 19, 2018

Pelantikan 5 Pengurus Organisasi Fakultas Pertanian Universitas Tamansiswa Padang

Baca Juga

POTRET PERTANIANMAHASISWA pada saat ini merupakan harapan terbesar bagi masyarakat sebagai penyambung lidah rakyat terutama sebagai perubahan di masyarakat (Agen social of cahange). Sebagai salah satu potensi, mahasiswa sebagai bagian dari kaum muda dalam tatanan masyarakat yang mau tidak mau pasti terlibat langsung dalam tiap fenomena sosial, harus mampu mengimplementasikan kemampuan keilmuannya dalam akselerasi perubahan keumatan ke arah berkeadaban.


Keterlibatan mahasiswa dalam setiap perubahan tatanan kenegaraan selama ini sudah menjadi jargon dan pilar utama terjaminnya sebuah tatanan kenegaraan yang demokratis. Romantisme politis antara mahasiswa dengan rakyat terlihat sebagai fungsinya sebagaisocial control termasuk terhadap kebijakan.

Mahasiswa dalam hal ini sudah menunjukkan diri sebagai salah satu potensi yang dapat diandalkan dalam upaya menuju tatanan masyarakat yang berkeadilan. Dan distribusinya baik secara kualitas maupun kuantitas dalam segala aspek kehidupan sosial sudah semestinya diperhitungkan.


Merubah Paradigma Berpikir, Mahasiswa yang aktif ber-organisasi secara konsisten semata-mata memiliki pemahaman bahwa organisasi kemahasiswaan merupakan sebuah sarana yang efektif  dalam meng-kader dirinya sendiri untuk ke depan. Sebagian di antaranya masih mempunyai keyakinan pandangan bahwa kampus merupakan tempat menimba ilmu yang tidak terbatas hanya kepada pelajaran semata.

Dengan bergabung aktif dalam organisasi kemahasiswaan yang bersifat intra ataupuneksra kampus berefek kepada perubahan yang signifikan terhadap wawasan, cara berpikir, pengetahuan dan ilmu-ilmu sosialisasi, kepemimpinan serta menajemen kepemimpinan yang notabene tidak diajarkan dalam kurikulum normatif Perguruan Tinggi. Namun, dalam ber-organisasilah dapat diraih dengan memanfaatkan statusnya sebagai mahasiswa.


Begitulah Kurang lebih yang disampaikan wakil dekan Fakultas Pertanian Dr. Milda Ernita dalam acara pelantikan kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian , Himpunan Mahasiswa Prodi Agroteknologi, Himpunan Mahasiswa Prodi Peternakan, Himpunan Mahasiswa prodi Agribisnis, Himpunan mahasiswa Prodi Matematika dan Himpunan mahasiswa Aktuaria, selingkungannfakultas pertanian universitas tamansiswa padang periode 2018-2019  secara resmi dilantik, yang dimulai dari pukul 09:00 WIB di Ruang sidang Prof. Haryono suyono.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu indonesia raya dan himna tamansiswa di lanjutkan Laporan Ketua panitia oleh Hendra ,Mahasiswa  Fakultas pertanian Prodi Agribisnis, menyatakan bahwa, “suatu kepengurusan baru yang telah terpilih, maka selayaknya kepengurusan tersebut untuk dilantik. Pelantikan kali ini kita gabungkan 4 organisasi di Fakultas Pertanian unitas padang ini,meliputi :  Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian , Himpunan Mahasiswa Prodi Agroteknologi, Himpunan Mahasiswa Prodi Peternakan, Himpunan Mahasiswa prodi Agribisnis, Himpunan mahasiswa Prodi Matematika Himpunan mahasiswa Aktuaria” pungkas hendra, Ketua Panitia Pelantikan.

Dilanjutkan dengan sambutan dekan Fakultas Pertanian yang diwakili Oleh wakil dekan Fakultas Pertanian Dr. Milda Ernita, SSi. MP yangmenyampaiakan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya serta memberikan apresiasi kepada pengurus Bem dan hima mahasiswa fakultas pertanian yang telah melaksanakan program-program selama satu tahun selama masa bakti 2017 - 2018.

"tujuan dibentuknya Himpunan Mahasiswa Jurusan sebagai tempat berhimpunnya mahasiswa yang nantinya akan menjadi penerus bangsa tidaklah semata-mata hanya sebuah bangunan formalitas yang selalu ada dalam lingkup kemahasiswaan. Tapi juga sebagai wadah menimba ilmu dan pengalaman yang tidak didapatkan dalam perkuliahan serta sebagai wahana dan sarana pengembangan diri mahasiswa serta meningkatkan kecendikiawanan serta intregritas kepribadian, untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi yang menyiapkan anggota didik yang nantinya menjadi anggota masarakat yang memepunyai kemampuan akademik dan kemampuan profesional, selanjutanya mampu memberi pengetahuan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan taraf hidup masarakat" 


Wakil dekan menegaskan kembali bahwasanya pembentukan organisasi tersebut bertujuan meningkatkan wawasan, dan keprofesionalan mahasiswa yang nantinya akan berada ditengah-tengah masarakat, Beliau juga menghimbau kepada seluruh anggota organisasi untuk dapat bekerja sama dalam membuat dan melaksanakan program-program serta serius untuk melaksanakan.serta dapat melibatan seluruh mahasiswa dilingkungan fakultas pertanian unitas padang.  Terang wakil dekan Pertanian.


Wakil dekan juga berpesan kepada para pengurus untuk berpandai-pandai membagi waktu dalam melakukan kegiatan dan perkuliahan sehingga tidak akan menggangu proses belajar, pungkas Wakil dekan Unitas Padang Dr. Milda Ernita, SSi. MP. yang selanjutanya melakukan pelantikan pengurus hima dan pengambilan sumpah jabatan yang disaksikan oleh Staf kemahasiswaan Universitas Kaprodi Agroteknologi, Kaprodi Peternakan, Kaprodi Agribisnis dan Kaprodi Matematika, serta tamu undangan lainya yang diahiri dengan poto bersama masing-masing pengurus Bem Fakultas dan Hima Prodi universitas tamansiswa Padang.(Pras)
Rekomendasi Untuk Anda × +