Minggu, Oktober 14, 2018

Satu ekor ayam Mampu hasilkan 4 butir telur dalam sehari

Baca Juga

POTRET PERTANIAN - Satu ekor ayam Mampu hasilkan 4 butir telur dalam sehari, Workshop Kewirausahaan yang digelar oleh fakultas pertanian Universitas tamansiswa padang yang dengan nara sumber Praktisi pertanian Dr. Maman Nurzaaman yang biasa dipanggil ayah manzel, dan diharapkan dapat menumbuhkan sebuah sikap, perilaku dan kemampuan dalam mencangkup kegiatan-kegiatan mencari, menciptakan, (inovasi, sensasi, kekhasan/ciri khas), atau menerapkan cara kerja, yang dilakukan dengan jiwa yang telah menyatu dengan hati sehingga melahirkan nilai yang lebih, kepekaan dan kedewasaan, sehingga tercapainya efisiensi dalam pelayanan, dan keuntungan yang lebih besar.
      
Sedikit Berdasarkan pengertian mengenai kewirausahaan diatas, kegiatan berwirausaha dapat dijadikan sebagai bentuk dari pengeksploran diri terhadap kemampuan berinovasi. Selain untuk itu juga bermaksud untuk menjadikan sebuah peluang untuk orang lain. Berwirausaha bisanya dilakukan sebagai kegiatan sampingan daripada kegiatan utama, namun sebagain besar masyarakat Indonesia melakukan kegiatan kewirauhasaan sebagai pekerjaan utamanya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dr. Maman Nurzaman atau yang akarab dipanggil dengan sebutan ayah Manzel dalam kegiatan Workshop Kewira Usahaan di universitas tamansiswa padang 13 oktober 2018 kemarin, yang mengankat tema "MEMBIDIK PELUANG USAHA MELALUI INOVASI TEKNIK PENGOLAHAN LAHAN DAN PAKAN TERNAK”.

Dalam kegitan yang berlangsung selama satu hari tersebut bebrapa tips dibagikan oleh ayah manzel untuk meningkatkan produksi perternakan dan pertanian, yang sangat menarik dari apa yang disampaikan oleh ayah manzel adalah mebuat Satu ekor ayam Mampu hasilkan 4 butir telur dalam sehari, hal ini tentu membuat decak kagum antara tida percaya atas pernyataan ayah di depan pesrta workshop hari itu.

Pasalnya ayam biasanya hanya mampu bertelur dalam 24 jam satu telur, terlebih saya yang pada kesempatan meliput kegiatan tersebut mulai dari awal sampai ahir sesi acara.

Dari saya (Penulis) lahir belum pernah mengetahui bahkan belum pernah mendengar ayam bisa bertelur sampai beberapa kali, apalagi sampai 4 kali dalam kurun waktu sehari semalam atau 24 jam.

" apa yang tidak mungkin didunia ini" kata ayah manzel ketika menjadi narasumber, " semua  bisa dilakukan atas izin Allah tentunya dan disertai sebuah usaha dan ketekunan yang berdasarkan keilmuan dan tidak serta merta ayam bisa bertelur 4 kali dalam sehari".tegas ayah manzel.

Saya sempat bertanya kepada beberapa lulusan sarjana Peternakan terkait hal tersebut, sanada dengan apa yang disampaikan oleh ayah manzel, "apa yang tidak bisa dilakukan di dunia pertanian dan peternakan terlebihdidukung dengan inovasi dan teknologi yang tepat seperti dewasa ini, semua bisa saja terjadi dan tidak mustahil jika sang Pelaku bisa menemukan solusi tips dan triknya untuk membuat ayam bisa bertelur berkali-kali dalam sehari" Ungkap Jebolan Universitas Tamansiswa Padang, Doni Effendi, Spt.

Seperti beberapa waktu lalu pada tahun 2013 dikutip dihalaman Seputartuban.com "Beternak Ayam Petelur Capai Rp. 60 Juta Sebulan" seorang pengusaha ayam petelur Asrori (22), warga Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Setiap ayam petelurnya mampu bertelur lebih dari 2 kali dalam sehari.

Saat ditemui ditempat ternaknya, Rabu (09/10/2013) Asrori menceritakan pada umumnya setiap ayam petelur mampu bertelur sebanyak 1 sampai 2 kali dalam sehari. Namun berbeda miliknya, karena dengan cara beternak yang berbeda, memapu membuat ayamnya bertelur lebih dari 2 kali dalam seharin.

Setiap hari dirinya memberi pakan ternaknya dengan campuran dedak atau bekatul, jagung halus dan beberapa tumbuhan yang dihaluskan. Jarak pemberian makan dan minum sehari 3 kali, dengan takaran khusus. Hal ini untuk meyeimbangkan gizi pada ayam dan telurnya. “Untuk jamunya atau tambahan vitamin kita beri bekicot yang halus. Agar lendir hilang, saya beri dedak. Awalnya sulit makan, namun lama-lama akan terbiasa,” ujarnya.

Berdasarkan fakta diatas bukan tidak mungkin bahwa ayam bisa bertelur 4 kali dalam sehari seperti yang diungkapkan oleh praktisi pertanian Dr. Maman Nurzaman dalam workshop diuniversitas tamansiswa padang.

Setelah menjelaskan bagaimana proses ayam bisa bertelur berkali-kali dalam sehari Dr. Maman Nurzaman memberikan tips dan trik dan menantang Peserta yang terdiri dari fakultas pertanian, Prodi Agroteknologi, Peternakan, dan Agribisnis untuk bisa melakukan usaha pertanian dan peternakan untuk dapat membuktikan apa yang telah dijelaskan dan diberikan ilmu dan pengetahuan dalam workshop tersebut serta membuat sebuah komonitas KP2M universitas tamansiswa padang. (Pras)
Rekomendasi Untuk Anda × +